Kawasan Situ Pladen Dibersihkan

DepokNews–Kawasan Situ Pladen di Kelurahan Beji selama empat hari ini Rabu -Minggu (24-28/4)dibersihkan oleh ratusan petugas gabungan dari Kodim 0508/Depok dan Dinas Pekerjaan Umum serta Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok dan masyarakat

Selain membersihkan Situ dan drainase di sekitarnya, ilalang yang menutupi jalan di sepanjang Situ, juga menjadi objek pembersihan.

Komandan Distrik Militer (Dandim) Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar kepada wartawan mengatakan, kegiatan tersebut menjadi bagian dari tugas TNI, khususnya Angkatan Darat dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat sebagai bagian daripada kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan teritorial (Binter) TNI AD sebagai sarana untuk membangun kebersamaan dan solidaritas antara prajurit TNI dengan Pemda dan komponen masyarakat. Ini semata-mata untuk memecahkan dan menyelesaikan suatu permasalahan yang ada di masyarakat.

Dalam menjalankan tugasnya, TNI bukan hanya bertugas menjaga pertahanan dan keamanan negara melalui perang saja, tetapi juga dalam bentuk non perang, seperti karya bakti dan bakti sosial untuk kemaslahatan masyarakat.

“Salah satunya kegiatan yang sedang kita lakukan sekarang ini, yaitu melakukan normalisasi Situ Pladen,”katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti mengatakan, karya bakti barsama Kodim Depok tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 Kota Depok.

Karya bakti ini merupakan upaya normalisasi situ maupun drainase yang tidak dapat dijangkau dengan alat berat.

Selain pencegahan banjir, pembersihan dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan lumpur yang bisa menyebabkan pendangkalan situ maupun saluran disekitar situ.

“Kalau ini terjadi, nantinya akan menghambat lancarnya aliran air menuju hilir, sehingga akan merugikan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Citra berharap, normalisasi yang dilakukan hingga Minggu (28/04) kedepan, dapat menimbulkan kesadaran masyarakat terhadap ekosistem situ dan drainasenya.

“Kita berharap aksi ini dapat menyadarkan masyarakat, agar lebih peduli terhadap kebersihan situ dan drainase,”katanya.

Sementara itu ketua Pokja Situ Pladen Didi Fachrouji menyambut baik dilakukan aksi bersih di kawasan Situ Pladen.

“Kami rasa kebersihan Situ Pladen bukan tanggung jawab kita semata akan tetapi tanggung jawab bersama”katanya.

Diharapkan dengan aksi bersih ini bisa menjadikan kawasan Situ Pladen yang asri, aman dan nyaman sehingga bisa dijadikan salah satu destinasi wisata di Kecamatan Beji.