Oleh: Fiiki Ridho Rabbina

Kepolisian Resor Metro Kota Depok Depok berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Depok , Komando Distrik Militer (Kodim) 0508 Kota Depok, serta relawan untuk menanggulangi bencana alam yang rawan terjadi di musim hujan. Meski begitu, Kapolres Depok Azis Andriansyah mengatakan, dalam upaya ini dibutuhkan kontribusi seluruh elemen masyarakat.

“Kita butuh kontribusi semuanya baik itu kontribusi perlengkapan, material, termasuk juga kontribusi informasi,” ujar Kapolres Metro Depok, Azis Andriansyah, usai menghadiri Apel Gabungan Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Lapangan Balaikota Depok, Senin (09/11/20).

Dirinya mengatakan, secara formil dari aparat pemerintahan terdapat sekitar 400 personel Polri, 300 personel dari Pemda, serta 250 personel dari Kodim. Ditambah juga personil yang tersebar di kecamatan-kecamatan, termasuk relawan.

Ditambahkan Azis, perlengkapan penanggulangan bencana yang dimiliki Polres hampir lengkap dan akan dimaksimalkan untuk menanggulangi bencana yang belum diketahui potensinya.

“Polres sendiri dengan keterbatasan perahu karet berinovasi dengan membuat perahu rakit setidaknya ada pertolongan pertama dulu untuk masyarakat,” tuturnya.

Terakhir, Azis mengatakan, mengaca dari kejadian tahun lalu ada tiga titik rawan bencana di Kota Depok yaitu Bukit Cengkeh, Pasir Putih, dan sepanjang sungai di daerah Krukut.