Kapolres Depok, Dodik Sugiarto (Istimewa)
DepokNews- Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sugiarto menyampaikan, pasca adanya rangkaian peristiwa teror bom yang terjadi di Surabaya, hingga saat Kota Depok terus meningkatkan keamanan. Tak hanya aparat keamanan saja yang bertugas menjaga kondusifitas, masyarakat diharapkan turut ikut serta menciptakan lingkungan yang nyaman.
“Siaga dalam arti meningkatkan kewaspadaan. Personil keamanan juga  lebih ditingkatkan di kegiatan di lapangan mencegah. Hal ini dilakukan untuk mencegah  aktivitas terorisme,” katanya, Selasa (15/5/2018).
Selain itu pihaknya juga meningkatkan keamanan di obyek vital seperti pusat perbelanjaan, kantor pemerintahan, rumah sakit dan lain-lain.
“Obyek vital ada pengamanan swakasa sendiri, tapi kita tetap tingkatkan keamanan,” tambahnya.
Dirinya menuturkan keadaan Depok saat ini  relatif kondusif dan aman. Semua aparatur keamanan baik di tingkat TNI, Polri dan pemerintah daerah meningkatkan kewaspadaan.
“Kami mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan di lingkungan nya. Kita minta informasi kepada seluruh masyarakat agar mengenali lingkungan nya. Selain itu jika  ada pihak yang tidak dikenal, bisa dideteksi,” tutur Kapolres.
Aparatur lingkungan mulai dari tingkat RT, RW, maupun lurah, lanjutnya, diharapkan bisa menjalankan kontrol sosial dengan baik.
“RT, RW, dan lurah diharapkan bisa mendeteksi jika ada hal mencurigakan  sehingga kita semua sinergis untuk  menentukan langkah-langkah pencegahan. Sehingga potensi kelompok teror yang ada di Depok bisa diminimalisir,” paparnya.
Dia mengungkapkan jika bom tidak ada obatnya. Namun bisa dilakukan pencegahan sehingga kesempatan mereka melakukan hal tak diinginkan bisa dicegah.
“Masyarakat diimbau tetap tenang karena kamu rutin lakukan patroli. Warga diharapkan tetap menjalankan aktivitasnya karena kami selalu ada di tengah masyarakat,” tandasnya.(mia)