DepokNews–Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Gunadarma. Kegiatan tersebut berlangsung Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma, Jalan Margonda Raya Depok Jawa Barat, Jumat (23/8/2019).

Dalam kuliah umum tersebut, ia memberikan sejumlah materi diantaranya Wawasan Kebangsaan, Hukum, Pancasila, Undang-undang Dasar serta penanggulangan Radikalisme. Kapolda juga menguji wawasan kebangsaaan para mahasiwa dengan memberikan berbagai pertanyaan menyangkut kebangsaan dan memberikan berbagai hadiah bagi peserta yang menjawabnya.

Beberapa hal yang disampaikan Kalpoda Bali diantaranya empat pilar Kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada kesempatan tersebut Kapolda Bali juga mengajak para mahasiswa untuk mewaspadai radikalisme yang bisa menganggu ketentraman kehidupan berbangsa.

“Kita semua memiliki kewajiban untuk mencegah dan membersihkan paham radikalisme dan terorisme jangan sampai paham tersebut berkembang di Tanah Air yang kita cintai ini,” kata Kapolda.

Menurut Kapolda Bali, saat ini penyebar idiologi yang bukan idiologi Bangsa Indosia membidik kaum intelektual, terjadi pergeseran dari yang lalu. Kalau dahulu mereka mentarget yang tingkat pendiidkannya rendah, sekarang dicari yang berpendidikan tinggi atau kalangan terpelajar, kenapa, karena mereka ada misinya.

“Ini yang banyak ditangani oleh Kepolisian Republik Indonesia, karena terpapar idiologi yang bukan idiologi Pancasila” jelas Kapolda Bali.

Kapolda Bali juga mengucapkan terima kasih kepada Universitas Gunadarma yang telah memberikan kesempatan kepadanya untuk berbicara di depan para mahasiswa, untuk memberikan bekalan agar para mahasiswa punya pemahaman kebangsaan yang luas dan tidak terpapar paham idiologi selain Pancasila.

“Untuk menjaga ketahahan idiologi bangsa, harus kita mulai dari mahasiswa, untuk menjaga idiologi sebenarnya simple saja kita kembali pada konsesnsus idiologi bangsa kita yaitu Pancasila. Gunadarma hebat Indonesia lebih hebat,” pungkas Kapolda Bali