Ridwan Kamil saat berkunjung ke Depok (Istimewa)
DepokNews- Program rumah murah di Depok dijanjikan calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Caranya dengan berkordinasi dengan pengusaha untuk mengupayakan hal tersebut.
“Nanti coba lobi pengusaha untuk bikin kluster untuk pekerja yang disitu juga ada rumah,” kata Kang Emil sapaannya, ketika di Depok, Sabtu (10/3/2018).
Menurutnya saat ini‎ banyak warga Depok yang bekerja diluar Depok. Sehinga mereka memerlukan jarak tempuh dan biaya untuk transportasinya. Melihat kondisi itu dia berinisiatif apakah nantinya bisa diupayakan agar warga Depok bekerja dan juga tinggal di kota tersebut.
“Dari semua teori yang memungkinkan ya membuat kluster ekonomi digital,” tukasnya.‎
Menurutnya konsep rumah diatas stasiun boleh jadi dikembangkan disni. Dan di Indonesia konsep tersebut belum ada.
“Kalau boleh itu saya solusikan. Dan itu bukan hal baru di negara lain,” paparnya.
Mengenai persoalan yang ada di Depok, Emil berkesimpulan bahwa 50 persen masalah yang ada mengenai tingkat kenyamanan. Artinya kata dia persoalan itu terkait dengan tata kota. Bagaimana menghadirkan trotoar yang nyaman, adanya alun-alun dan ruang terbuka publik yang bisa dinikmati secara percuma.
“Sisanya terkait infrastruktur dan kemacetan,” tukasnya.
Soal peluang bisnis yang mungkin bisa diciptakan di Depok kata dia adalah ekonomi digital. Mengingat di Depok banyak anak muda kreatif yang jago digital.
“Ekonomi digital solusi untuk anak muda Depok. Kalau ini dibuat sudah paling pas,” pungkasnya.(mia)