Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat meninjau lokasi Kampung Tematik di RW 02 dan 05, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Selasa (19/12/17). (Foto: Bima/Diskominfo).

Kampung Tematik untuk Pemerataan Pembangunan di Kota Depok

Posted on 1,310 views

DepokNews — Guna mewujudkan pemerataan pembangunan di Kota Depok, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membuat kampung tematik berdasarkan keunggulan wilayah masing-masing. Pembangunan kampung tematik tersebut sebagai salah satu upaya Pemkot Depok meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), agar menjadi yang paling unggul di Jawa Barat.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menuturkan, pemerataan pembangunan meliputi 5 zona yang akan dikembangkan mulai dari zona pusat, zona selatan, zona utara, zona barat, dan zona timur. Guna menggeliatkan semangat masyarakat, maka Pemkot Depok mengikutsertakan masyarakat dalam pengadaan kampung tematik tersebut.

“Untuk zona pusat itu ada sekitar Jalan Margonda dan salah satu inovasi kita adalah melalui kampung tematik. Kita ingin menggeliatkan semangat dan keikutsertaan masyarakat,” tutur Mohammad Idris usai meninjau lokasi kampung tematik di RW 02 dan 05, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Selasa, (19/12/17), seperti dikutip depok.go.id

Ia menambahkan, pengadaan kampung tematik tidak hanya terbatas pada mempercantik lingkungan melalui lukisan atau cat warna-warni. Namun, disertai juga dengan pembangunan infrastruktur yang memadai.

“Kita juga ada pembangunan jalan lingkungan, pembangunan drainase, pembangunan IPAL komunal, agar lingkungan tidak terlihat kumuh,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Depok juga mengapresiasi peran serta masyarakat dalam menyukseskan pengadaan kampung tematik. Ia berharap melalui kampung tematik tersebut, dapat mewujudkan kondisi lingkungan yang bersih, indah dan bebas kumuh.

“Ini sebagai salah satu bukti keikutsertaan masyarakat untuk memperindah dan membuat nyaman, serta mewujudkan lingkungan yang bersih,” tandasnya.