DepokNews – Kampung Tangguh Jaya (KTJ) RW 12 di Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI) 2, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan Kota Depok digeruduk Anggota Bhabinkamtibmas se- Polda Metro Jaya,Selasa (30/3/2021) sore.

Ratusan anggota Bhabinkamtibmas dari seluruh Polres Polda Metro Jaya dipimpin Kepala Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (KSPN) Lido Polda Metro Jaya, Kombes Pol Tony Harsono mengunjungi Kampung Tangguh Jaya RW 12 upaya pemantapan.

“Dari tiga lokasi kunjungan Kampung Tangguh Jaya yang ada di jajaran Polres Polda Metro Jaya, yang terakhir kita ke Kampung Tangguh Jaya RW 12 Pengasinan yang ada di wilayah hukum Polsek Sawangan yang telah berhasil mempertahankan status zona hijau dalam memutus penyebaran Covid-19,”ujarnya didampingi Kapolsek Sawangan AKP Rio Mikael Tobing serta Ketua KTJ RW 12 Budi di lokasi.

Sesuai atensi bapak Kapolda Metro Jaya Irjen Pol dr. M. Fadil Imran sewaktu kunjungan ke daerah Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) sudah dilaksanakan pelatihan kemampuan peningkatan kepada 1.000 anggota Bhabinkamtibmas se Polda Metro Jaya.

“Pemberian peningkatan ini sudah masuk ke gelombang 4. Selain itu dari awal studi banding ke sejumlah tempat KTJ sudah cukup bagus,” ucapnya.

Sementara itu untuk SPN Lido Polda Metro Jaya, lanjut Kombes Tony, sudah mengajak anggota Bhabinkamtibmas ke tiga lokasi KTJ yaitu Perum BSI RW 12, KTJ RW 04 Jatirangon Jatisampurna Kota Bekasi, dan KTJ Cakra RW 04 Kelurahan Makassar Jakarta Timur.

“Tujuan kunjungan ke KTJ adalah menyamakan persepsi dan kemampuan untuk memutus mata rantai Covid-19 serta selain itu dapat meningkatkan ekonomi kreatif di masyarakat sehingga dapat menguntungkan meski di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

“Kita berharap kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas setelah pelatihan dan sama, bisa langsung membangun KTJ selain memutis mata rantai penyebaran Covid juga tingkatkan ekonomi kreatif di lingkungan.”

Terpisah Ketua KTJ sekaligus Ketua RW 12, Budi menambahkan kehadiran KSPN Lido Polda Metro dan para anggota Bhabinkamtibmas se Polda Metro Jaya ke KTW RW 12 merupakan suatu kebanggan.

“Tadi Bapak KSPN ingin mengerahui cara menanam padi dengan cara sistem hidroponik dan ingin tahu cara dapat menekan penyebaran Covid 19 di lingkungan RW 12 bisa zero alias zona hijau beberapa bulan,”ucapnya.

Penerapan KTJ yang ada di RW 12 ini lanjut Budi, merupakan kekompakan warga sekaligus kelompok tani terpadu