DepokNews- Keberadaan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Depok. Bukan hanya terkait dengan kontrasepsi, namun proses perencanaan semua hal dalam keluarga.

Idris mengatakan Kampung KB sendiri merupakan program unggulan Pemkot Depok, dalam hal ketahanan keluarga. Kampung KB membuat semua pihak bergerak. Semua elemen saling mendukung untuk terealisasinya 8 fungsi keluarga.

“Sehingga bukan hanya pemerintah yang bekerja, tetapi warganya turut serta karena sudah berkomitmen dalam pembentukan Kampung KB,” kata Idris, usai meresmikan Kampung KB RW 7, Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, Kampung KB juga berkaitan dengan ketahanan nasional. Sebab, keluarga adalah unsur paling dasar untuk membentuk ketahanan nasional.

“Jika keluarga kuat, negara akan kuat. Meningkatkan peran serta kepedulian masyarakat akan sekitar. Ini yang kita ingin capai untuk tujuan Kota Depok yang berketahanan keluarga,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, Kampung KB bukan sekadar ada bentuknya saja. Melainkan ada nilai yang terukur untuk keberhasilannya. Tugas pemerintah, kata Mohammad Idris, untuk membimbing masyarakat menjalankan fungsinya.

“Akan ada evaluasi bagaimana Kampung KB ini benar-benar dirasakan manfaatnya,” tutupnya.(mia)