DepokNews–Pemerintah Kota Depok menggelar peringatan “Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS)”. Kegiatan ini merupakan kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan pemerintah, swasta dan berbagai organisasi kemasyarakatan.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Balaikota Depok, Selasa (16/10/2018) dan dibuka langsung oleh Walikota Depok, Mohammad Idris dan dihadiri para pejabat terkait seerta diikuti ratusan siswa sekolah TAAM BKPRMI Kota Depok.

Dalam sambutannya Walikota Depok mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengkampanyekan prilaku hidup sehat, salah satunya dengan mencuci tangan secara benar dengan menggunakan sabun supaya terhindar dari berbagai penyakit.

“Harapan saya acara ini tidak sekedar seremonial saja. Orang dewasa harus kasih keteladanan bagaimana mencuci tangan secara benar dengan menggunakan sabun,” kata Walikota Depok.

Walikota juga mengimbau agar setiap ruang makan bersama disediakan westafel, sehingga memudahkan mencuci tangan secara benar.

“Kobokan tidak memadai untuk cuci tangan. Kurang higienis dan bersih karena tangan bisa jadi sumber penyakit,” tambah Walikota.

Walikota Depok yang juga seorang ustad mengajak masyarakat untuk benar-benar menjaga kebersihan, termasuk kebersihan tangan seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Nabi menganjurkan bangun tidur jangan langsung memegang sesuatu ke mulut. Cuci tangan dulu. Karena kita tidak tau saat tidur tangan memegang apa. Ini mudah tapi sering diabaikan,” tuturnya.

Dirinya menegaskan agar Dinkes Kota Depok harus pro aktif menyosialisasikan kegiatan ini ke masyarakat. “Apalagi yang punya bayi, harus lebih disosialisasikan lagi,” kata dia.

Mencuci tangan hal penting untuk menjaga makanan tetap aman. Meski demikian, dalam menjalankan program ini pemerintah mengaku tidak dapat berjalan sendiri. Perlu kerjasama dengan pihak luar, seperti organisasi masyarakat dan swasta.

“Karena kesehatan merupakan hak dan kewajiban individu dan masyarakat,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita.

HCTPSS diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Rangkaian kegiatan meliputi senam cuci tangan, penandatanganan komitmen bersama, cap tangan sebagai simbolisasi, praktek cuci tangan dan makan buah bersama. Adapun total peserta berjumlah 200 orang terdiri dari Dinkes, OPD Kota Depok, puskesmas dan mitra pemerintah.