Foto: ilustrasi flu

Kala Musim Penghujan Datang Begini Cara Atasi Penyakit Yang Menyerang

Posted on 14 views
DepokNews — Masuk angin, meriang, kembung, flu, pilek, hingga demam. Anda pasti akrab dengan lima penyakit yang  sebutkan di atas. Terlebih ketika sedang berada di musim penghujan. Sekilas, kelimanya memang terkesan sepele dan ringan. Namun jika dialami ketika beban pekerjaan menumpuk atau sedang sibuk-sibuknya di kantor, membuat diri sendiri menjadi kesal.
Saat flu atau demam menyerang, Anda jadi sulit beraktivitas. Kepala terasa berat, suhu badan meningkat, badan pegal-pegal, hingga bersin tiada henti. Hidung pun bertingkah, entah jadi mampet atau flu terus menerus.
Jika sudah begini, produktivitas jadi menurun dan pekerjaan jadi terhambat. Tentunya tak ada satupun orang yang ingin sakit, bukan?
Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk menjaga sistem imun dalam kondisi prima.
Pakar kesehatan, Silviyana memberi sederet tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari flu, masuk angin, dan penyakit lainnya.
Di musim hujan, curah hujan meningkat tajam. Hal ini otomatis membuat udara jadi lembab dan terasa dingin. Belum lagi hembusan angin yang menerpa setiap saat.
Agar tak semakin kedinginan, sebaiknya bekerjalah dalam ruangan bersuhu hangat. Sebisa mungkin, hindari paparan AC atau pendingin ruangan dalam bentuk apapun. Sejatinya hal ini tak masalah, namun bisa jadi bumerang bagi kamu yang daya tahan tubuhnya sedang rendah.
Selain itu, banyak mengonsumsi vitamin. “Salah satunya Vitamin C yang berperan penting untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dan untungnya, bisa dengan mudah kamu dapatkan dari mana saja,” ujarnya.
Anda bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C, lanjutnya. Selain itu, perbanyak makan jeruk, kiwi, nanas, melon, hingga cabai (makanan pedas). Perbanyak juga konsumsi sayur bayam, kembang kol, lobak, kentang, dan brokoli. Suplemen dan vitamin sangat disarankan.
Terlepas dari itu, Silvy mengimbau jika tak ingin masuk angin, hindari berjalan atau mengendarai motor di malam hari, ketika cuaca sedang dingin-dinginnya. Angin malam memang terkenal kurang baik bagi daya tahan tubuh, karena mengandung zat asam arang.
“Jika terpaksa, sebaiknya kenakan jaket tebal untuk melindungi tubuh dari hembusan angin malam. Tak ada salahnya mengenakan masker untuk menghindari virus masuk ke dalam tubuh,” tambahnya.
Adapun minuman yang mampu menghangatkan tubuh di kala musim penghujan, seperti teh hangat, wedang jahe, temulawak, madu lemon, dan masih banyak lagi. Sebisa mungkin, hindari minuman es atau bersuhu dingin. Jauhi juga minuman berkafein dan bersoda agar terhindar dari kembung.
Mengonsumsi minuman atau makanan kaya rempah (seperti sup ayam atau minuman jahe) sangat baik untuk mengusir angin keluar dari tubuh.
Anda juga bisa menggosok tubuh dengan  minyak angin, balsem hangat, hingga minyak telon. Intinya, usapkan cairan apapun yang bisa menjaga suhu tubuh tetap hangat. Terlebih saat perut terasa kembung atau tak nyaman. Sebisa mungkin, bawa minyak andalan kamu ke mana-mana.