DepokNews – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono berbagi tips agar kegiatan belajar dari rumah melalui daring bisa dilakukan lebih menyenangkan. Menurutnya, selama pandemi ini, siswa diminta melakukan pembelajaran secara daring di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Agar pembelajaran secara daring lebih menyenangkan para guru wajib mengenali karakter setiap siswanya. Lalu menggunakan keunggulan yang dimiliki siswa sebagai motivasi,” kata Sidik Mulyono saat menjadi narasumber kegiatan In House Training (IHT) di SMK Bojongsari Bersatu, Kamis (26/08/21).

Dikatakannya, guru juga harus memberikan kesempatan siswanya dalam unjuk kelebihan. Juga kesempatan untuk terlibat dan memberikan semua siswa label positif.

Lanjut dia, dalam melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diperlukan kreativitas dan literasi digital. Tujuannya supaya siswa tetap semangat dalam belajar dan tidak lekat dengan internet. Serta meski berinternet, mereka menggunakannya untuk hal-hal yang positif, kreatif dan produktif.

“Guru di era digital seperti saat ini harus bisa multi tasking, multi channel dan juga multi platform,” ujarnya.

Ia menambahkan, demi mendukung kegiatan PJJ di Kota Depok, pihaknya telah memasang Wifi gratis sebanyak 1.565 titik. Wifi tersebut kecepatannya mencapai 30mbps.

“Kami juga melakukan kegiatan literasi digital dan kampanye internet sehat di media sosial dengan menggunakan Mobile Community Acces Point (MCAP),” tutupnya. 

Sumber : depok.go.id