Kadin Depok Siap Dukung Pemkot Kembangkan Setu Sebagai Obyek Wisata

Posted on 3 views

DepokNews — Keberadaan setu tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai tempat menampung cadangan air. Tetapi, juga dapat dioptimalkan sebagai salah satu sektor yang dapat menunjang peningkatan perekonomian di Kota Depok. Sejalan dengan hal tersebut, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Depok, mendukung upaya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk mengembangkan sejumlah setu menjadi kawasan pariwisata, seperti dilansir depok.go.id

Wakil Ketua Bidang Jasa Keuangan Kadin Kota Depok, Tatang mengatakan, Kadin Depok berencana untuk melibatkan sejumlah pihak swasta apabila diminta oleh Pemerintah Kota (Pemkot) untuk bersinergi dalam membangun setu menjadi lokasi wisata. Menurut Tatang, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Depok, namun masih diperlukan sejumlah kajian yang lebih mendalam.

“Ada beberapa pengusaha swasta yang sudah berminat. Salah satunya berasal dari sektor Perbankan. Kalau dari Kadin, kami sudah membicarakan secara resmi dengan Pemkot mengenai hal tersebut,” kata Tatang kepada depok.go.id, Jumat (12/05/2017).

Tatang menuturkan, Kadin Kota Depok tidak hanya berfokus pada pembangunan di sektor industri saja. Namun, terdapat bidang khusus yang terkonsentrasi pada pembangunan sektor wisata. Berdasarkan hasil dari kajian yang dilakukan oleh bidang pariwisata tersebut, sambung Tatang, pada tahun 2017, Kadin Depok akan mendorong percepatan pembangunan di sejumlah setu agar dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

“Kemarin kami sudah tinjau, berdasarkan hasil penelitian yang telah kami lakukan, maka untuk tahun ini kami berencana akan memberikan sejumlah bantuan di lima hingga delapan setu. Diantaranya di setu Cilodong, setu Pengasinan, setu Jatijajar, serta beberapa setu yang juga terdapat di Cimanggis dan Tapos,” terangnya.

Lebih lanjut, Tatang mengimbau agar seluruh elemen masyarakat juga ikut terlibat dalam membangun kawasan wisata setu di Kota Depok. Sebab, peran serta dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk memberikan masukan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Karena nantinya setu ini bukan hanya menjadi destinasi wisata yang menarik bagi anak-anak saja. Tetapi, kami menilai peran dari komunitas-komunitas yang ada di Depok juga diperlukan. Mereka buat kegiatan yang menarik di setu ini, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat lebih luas lagi,” tuturnya.

Tatang berharap, pembangunan kawasan wisata setu di Kota Depok dapat segera terealisasikan. Hal tersebut, lanjut Tatang, bertujuan agar warga Depok memiliki lebih banyak pilihan lokasi wisata yang terdapat di Kota Depok.

“Sehingga, warga Depok bila ingin berlibur tidak perlu keluar kota. Namun, cukup di Depok saja, karena sudah banyak alternatif destinasi wisata di Depok,” tandasnya.