Kader PKK Kota Depok Berjaya di Jabar

Posted on 6 views

DepokNews — Ratna Safira, kader PKK Kota Depok yang merupakan warga RT 05/RW 05, Kelurahan Duren Seribu, berhasil mengharumkan nama Kota Depok di tingkat Provinsi Jawa Barat. Dirinya berhasil meraih juara dua dalam lomba kader PKK dengan inovasi labeling Kampung Dasawisma, yang berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program Pemkot Depok, seperti yang dilansir depok.go.id

Labeling Kampung Dasawisma sendiri adalah sebuah konsep untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan Dasawisma di wilayahnya. Label sebagai Kampung Dasawisma akan diberikan jika para anggota Dasawisma sudah melaksanakan tertib administasi Dasawisma. Setidaknya ada tiga indikator yang harus dijalankan, yaitu religius, kreatif, dan bersih dalam program yang melibatkan masyarakat secara langsung tersebut.

“Religius adalah bila masyarakat melaksanakan pengajian secara rutin, dan tokoh agama berperan aktif. Selain itu, juga kegiatan remaja dan anak-anak juga didasari oleh aspek religius,” ujar Safira, Jumat (21/04/2017).

Sementara untuk indikator kreatif adalah mengenai kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang berjalan dengan baik di wilayah tersebut, sehingga berhasil memasarkan produknya hingga keluar wilayah. Untuk kategori bersih, di wilayah tersebut, kata Safira, harus ada kegiatan pengolahan sampah dan pemilahan sampah.

“Bank sampah dan pengolahan sampah hasilnya dipergunakan sendiri untuk warga tersebut,” tambahnya.

Dirinya menjelaskan, awal mula inovasi ini dibuat karena susahnya masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan Dasawisma. Dengan inovasi ini, peran serta masyarakat dalam program PKK menjadi lebih meningkat dibanding sebelumnya, karena jika suatu wilayah sudah mendapatkan labeling Kampung Dasawisma, maka para kader juga akan mendapatkan penghargaan oleh lurah setempat.

“Para kader yang berhasil akan diberikan apresiasi berupa pin oleh lurah, dengan predikat Sahabat Dasawisma. Sahabat ini juga merupakan singkatan dari Santun, Harmonis dan Bermartabat,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris TP PKK Kota Depok, Ucu Cularsih mengucapkan, apresiasi terhadap prestasi Ratna Safira. Dirinya mengatakan, inovasi tersebut merupakan bukti kader PKK Kota Depok memiliki kompetensi dan kinerja yang kreatif.

“Kami jelas bangga, selanjutnya kami sedang mempertimbangkan untuk turut mengaplikasikan labeling Dasawisma tersebut di wilayah lain,” tuturnya.