DepokNews – H. Ahmad Fadjeri selaku Kabid Kaderisasi DPD PKS Depok menyampaikan kuliah tujuh menit (kultum) Ramadan di kanal youtube pribadi Imam Budi Hartono, dirinya menyampaikan pentingnya memberikan pemahaman melaksanakan ibadah puasa kepada anak.

Ketika bulan puasa tidak sedikit orang tua yang memberikan hadiah kepada sang anak apabila puasanya penuh sebulan. Namun bukan itu makna dari puasa yang sesungguhnya.

“Memberikan pemahaman kepada anak tidak hanya melalui iming-iming hadiah seperti baju baru atau sepatu baru, tetapi pemahaman tentang hikmah puasa sebenarnya,” katanya.

Dirinya menyampaikan, bahwasannya tujuan puasa, adalah seperti yang ada di dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yakni bertakwa kepada Allah. Takwa disini berarti takut kepada Allah SWT, menjalani perintah Allah serta menjauhi larangan Allah SWT.

“Seperti yang disampaikan di dalam surat At-Talaq, barang siapa yang bertakwa kepada Allah, Allah akan berikan jalan keluar bagi masalah yang menghimpitnya, solusi terbaik, rezeki yang tidak disangka-sangka, serta kemudahan-kemudahan kehidupan,” jelas H. Ahmad Fadjeri.

Kemudahan dalam segala persoalan, ampunan dari Allah dan juga pahala yang sangat besar. Tujuan dari orang berpuasa juga agar manusia senantiasa bersyukur atas kenikmatan yang Allah berikan, hal ini menumbuhkan rasa empati dan simpati kepada setiap manusia, tambahnya.

“Maka jadikan bulan Ramadan ini menjadi momen berkumpul bersama keluarga, memotivasi dan saling menasehati sehingga kita giat dalam beribadah,” tutupnya.