DepokNews-Komunitas Kampung Kita Depok (K3D) menggelar buka puasa bersama yang dipusatkan di Saung K3D di Juanda-Margonda, Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji dengan tema Sadulur Kabeh.

Wakil Ketua K3D, Denny Romulo mengatakan, ada empat komunitas yang bergabung dalam K3D, yakni Seniman Terpadu Depok, Komunitas Bonsai Indonesia, Ikaragil, dan Persatuan Setia Hati Terate Cabang Depok.

Keempatnya bersama-sama mengadakan buka puasa dengan hangat dan kekeluargaan tanpa membedak
an satu satu sama lain.

“Momentum buka puasa bersama ini kami jadikan wadah untuk silaturahmi sekaligus bercengkrama dalam menyamakan persepsi visi untuk membangun Kota Depok yang tentram dan damai,” katanya.

Sesuai dengan Visi K3D Hijau Kotaku Lestari Budaya.

Denny menuturkan, siapapun boleh menjadi bagian K3D tidak terhalang agama, suku, ras, dan budaya.

“Kami mempersilahkan semua orang dari kalangan apapun menggunakan fasilitas disini. Semoga persaudaraan kami disini membawa dampak positif untuk pembangunan Kota Depok yang lebih produktif,” katanya.

Sementara itu, Ketua PSHT Cabang Depok Sapari Widodo mengungkapkan, buka puasa bersama merupakan kegiatan rutin tahunan komunitasnya. Selain itu juga disertai pembagian takjil untuk masyarakat yang melintas di jalan.

“Kegiatan buka puasa bersama ini sudah jadi budaya di PSHT. Tahun ini kami membagikan 300 takjil”katanya.

Di lokasi sama, Ketua Ikatan Anak Rantau Gunung Kidul (Ikaragil) Korwil Depok Ristyanto menambahkan, momentum buka puasa bersama dijadikan sebagai media perekat komunikasi antar anggota.

Semoga persatuan dan persaudaraan kami di K3D ini semakin erat dan terjaga. Sekaligus momen ini menumbuhkanarwah sosial dalam diri masing-masing anggota.

Ketua Komunitas Seniman Terpadu Depok, Gema berharap semakin banyak komunitas-komunitas lain yang bergabung dalam K3D.

Karena disini adalah tempat yang tepat untuk berkumpul dan menggelar kegiatan yang positif.

“Kami akan terus saling berkoordinasi dengan masing-masing komunitas karena disini kami adalah keluarga. Latar belakang kami dari berbagai suku, agama dan ras. Tapi disini kami akan terus berkarya memberikan hal yanh positif untuk Kota Depok,”katanya.

Sementara itu, Pembina K3D, Bowo menuturkan pihaknya juga melaksanakan Mudik Gratis bagi warga Depok yang ingin kembali ke kampung halamannya.

Bowo menambahkan, bahwa program mudik gratis merupakan agenda perdana yang bertujuan memfasilitasi warga Depok agar dapat bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman saat lebaran.

Program ini lahir juga dilatarbelakangi karena melonjaknya harga tiket transportasi saat Lebaran. Baik itu bus, kereta api, dan pesawat.

Selain itu juga mengurangi angka kecelakaan, apabila mudik menggunakan sepeda motor.