JQH Depok Gelar Sholat Tarawih One Night One Juz

DepokNews–Jamiiyatul Qurro’ Wal Huffadz (JQH) Kota Depok menggelar sholat tarawih One Night One Juz (semalam satu juz). Hal itu dibenarkan oleh Rois Majlis Ilmi JQH Kota Depok h KH. Jazim Hamidi. Menurutnya, tahun ini terdapat di tiga lokasi yaitu: Masjid Syekh Yusuf Pesona Khayangan, Masjid Baitul Karim Depok 1 Beji dan Masjid Al-Falah Mekar Jaya, Sukma Jaya. “Ini adalah Sholat Traweh dengan mengkhatamkan Al-Quran 30 juz sebulan Bil Ghoib atau tanpa lihat teks. Dengan pembagian per malam rata-rata satu Juz Al-Qur’an,”ujarnya.

Menurutnya, tujuan sholat tarawih One Night One Juz adalah untukihya layali romadon atau mengisi malam ramadon. Selain mengikuti anjuran Rasulullah SAW, juga sebagai media para Huffadz untuk menjaga hafalan Al-Qur’an melalui media sholat tarawih. Ia menambahkan, menjaga Al-Qur’an melalui sholat adalah media paling baik dalam menjaga hafalan. “Kita memediasi masyarakat dalam membumikan Al-Qur’an yang berbasis masjid. “Dengan hafalan bacaan Al-Qur’an yang dilantunkan imam sholat tarawih. Kapan lagi kita mendengarkan, menyimak dan mengikuti Al-Qur’an,”terang Da’i yang suka berdakwah ke Luar Negeri ini.

Ia menambahkan, dengan sholat tarawih tersebut sebagai ajang Tabarrukan dan Tasyaffu’ (mengharap baerkah dan syafaat dalam Al-Qur’an-red). Dirinya berharap,dengan adanya tarawih ini sebagau media para huffadz untuk memotivasi, menjaga hafalan dan belajar dekat dengan Al-Qur’an. Sehingga, mereka terus mendalami makna, tafsir, tajwid dll. “Kita berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan tarawih ini dengan semaksimal dan optimal dalam mengisi bulan Ramadan. Tentunya, agar banyak masjid yang menyelenggarakan tarawih 30 juz,”harapnya.

Sementara itu, Ketua JQH Kota Depok Ust. Imam Nafi mengungkapkan dalam kesempatan ini sebanyak 23 penghafal Al-Qur’an diterjunkan di tiga lokasi tersebut. “Kita berharap dengan pelaksanaan sholat tarawih ini sebagai ajang meningkatkan amal ibadah di bulan puasa. Sholat tarawih 23 rakaat dengan bacaan imam satu juz semalam. Program rutin ini juga sebagai ajang silaturahmi,”tandasnya.