Narkoba (Ilustrasi)
DepokNews- Psikolog Universitas Pancasila (UP) Aully Grashinta mengatakan, narkoba memang bisa merasuk pada berbagai kalangan. Baik kalangan atas maupun kalangan bawah. Karena jenis-jenis narkoba juga sangat beragam.
“Mulai narkoba sintetis murahan yang mudah didapat hingga narkoba dengan harga mahal, salah satunya ada kokain,” katanya, Selasa (28/8/2018).
Efek yang ditimbulkan dari tiap jenisnya pun berbeda-beda sesuai jenis narkoba yang digunakan. Menurutnya, agak aneh kalo seorang langsung pakai kokain. Mengingat kokain salah satu “kelas” tertinggi.
“Penggunaan narkoba biasanya dimulai dari yang ringan dan kemudian semakin lama semakin meningkat, bahkan akhirnya Over Dosis dan menyebabkan kematian,” tukasnya.
Sehingga patut diduga bahwa pengguna sudah mengonsumsi narkoba dalam waktu lama. Terlebih, dia juga berani menggunakan di tempat umum.
“Ini yang menunjukkan dia sudah terbiasa, tidak canggung untuk menggunakan di tempat umum,” paparnya.
Jika dikaitkan dengan status sosial ekonomi tentunya tidak sulit bagi si pelaku untuk mendapat akses dan membeli narkoba jenis kokain, sehingga sangat mungkin dia adalah pengguna reguler.
Karena sifatnya yang bisa dipakai oleh semua lapisan masyarakat, maka seharusnya pihak yang berwnang juga tegas berani menegakkan hukuman pada siapa saja.
“Untuk kalangan atas memang akses terhadap narkoba jauh lebih mudah karena didukung keuangan dan fasilitas yang ada. Tindakan pihak berwajib memang harus tegas kepada semua kalangan,” pungkasnya.(mia)