Jelang Ramadhan, NU Depok Gencar Bersih-Bersih Masjid

Posted on 7 views

DepokNews –Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kota Depok menyambut datangnya bulan suci ramadan gencar melakukan beragam kegiatan. Salah satunya, dengan menjalankan program Bersih-Bersih Masjid (BBM) layaknya kegiatan masyarakat pada umumnya.

Menurut Ketu PC NU Kota Depok KH. Salamun Adi Ningrat mengungkapkan bahwa BBM adalah salah satu program dari Lembaga Ta’mir Masjid Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTM PBNU). Menurutnya, program ini dilaksanakan dengan menggandeng LTM PCNU di berbagai   Kota/Kabupaten  seluruh Indonesia.

“LTM PCNU  Kota Depok atas arahan dari PCNU Kota Depok  menyambut dengan gembira datangnya bulan suci Ramadan turun berpartisipasi melakukan program BBM di beberapa masjid se-Kota Depok,”ujarnya. Kamis (25/6).

Salamun mengungkapkan, tujuan dari program ini adalah membantu DKM Masjid dalam meningkatkan tingkat kebersihan di lingkungan masjidnya masing-masing. Ia menambahkan, dalam satu tim program BBM melibatkan empat orang tenaga inti (mereka yang dibayar LTM PBNU-red)  untuk melakukan bersih-bersih masjid.

“Aksi BBM itu seperti menyapu masjid,  halaman,  mengepel lantai,  membersihkan karpet, juga membersihkan toilet dan tempat wudlu masjid. Perhatian kepada toilet dan tempat wudlu sangat penting karena terkadang DKM kurang memperhatikan kebersihan dua tempat tersebut,”paparnya.

Menurutnya, antusias warga dan dukungan DKM cukup tinggi dalam  membantu gerakan BBM ini. Setelah selesai menjalankan aksi BBM,  LTM juga membagikan beberapa alat kebersihan seperti: cairan pembersih lantai atau  toilet, pengharum ruangan kantor masjid, keset masjid dan  buku-buku petunjuk untuk  memakmurkan masjid.

“Gerakan ini akan terus dilaksanakan sepanjang ada permintaan dari masjid-masjid melalui LTM NU Cabang setempat. Bahkan untuk di Depok, tanggal 24-25 Mei ini hanya trigger saja. Kita akan melakukan aksi ini secara massif pada bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram,”jelasnya.

Dikatakannya,  setelah didatangi tim BBM LTM PBNU diharapkan Masjid tersebut memiliki kesadaran untuk senantiasa menjaga kebersihan masjid sesuai standard saat dibersihkan dan kalau mampu lebih dari itu. Sehingga, memberikan dampak secara langsung yaitu:  jamaah akan senang berada di masjid karena masjidnya bersih.

“Harapkannya ya semoga jamaah nyaman saat beribadah di Masjid. Kalau selama dua hari sejumlah masjid seperti:  di Kecamatan Sawangan   Masjid  Arrahmah, Kecamatan Pancoran Mas ,Masjid Baiturrahman dan Masjid Jami       Kramat Asem,  kecamatan Cilodong Masjid  Riyadus Sholihin dan  Masjid Jami   Kebon Duren,  Kecamatan Tapos Masjid Al-Ikhlas dan  Masjid Jami serta lainnya di sejumlah titik.  Tim di Depok sendiri dari Ust. Rudi S. Halimi, Ust. Darul Qutni, dan Tim Muharrik masjid di bawah commando Ust. Abdul Rahman,”tandasnya.
Ah