Jelang Ramadhan, Harga Sembako Mulai Naik di Pasar Tradisional

Posted on 7 views

DepokNews- Jelang bulan Ramadhan, harga-harga sembako mulai merangkak naik. Beberapa komoditas sebut saja daging ayam, bawang putih dan telur mengalami kenaikan.

Salah satu ibu rumah tangga, Leni Marlina warga Cimanggis mengatakan jelang puasa sembako mulai naik. Hal ini dirasakan ketika dirinya belanja keperluan dapur di Pasar Tugu Cimanggis.

“Bawang putih kanting sekilo aja Rp 68 ribu, karena mahal saya beli seperempat kilo aja, ” terang ibu rmpat anak ini.

Tak hanya bawang putih, komoditas lain seperti telur ayam dan daging ayam juga mengalami kenaikan. “Tadi saya beli telur ayam kampung sekilo Rp 20 ribu, sebelumnya Rp 18 ribu. Daging ayam juga naik, sekarang harga satu ekor daging ayam Rp 38 ribu, sebelumnya 35 ribu,” paparnya.

Sementara itu  Kepala UPT Pasar Cisalak, Nelson Da Silva mengakui harga sembako mulai naik biasanya sepekan jelang Ramadhan.

“Harga daging sapi masih stabil ya berkisar Rp110 ribu per kilo gram nya,  harga cabai merah, kriting dan cabe hijau seluruhnya masih stabil,” ujarnya.

Sedangkan sembako yang mengalami kenaikan antara lain telur ayam broiler yang tadinya Rp21 ribu per kilo gram naik menjadi Rp21500. Serta harga kol yang sebelumnya Rp6000 per kilogram menjadi Rp7000 per kilogram.

“Harga sembako yang lainnya masih stabil tidak ada kenaikan,” ucapnya.

Dirinya menuturkan untuk mengantisipasi harga sembako yangnaik jelang ramadan, pihaknya akan melakukan sidak dan menghimbau pedagang untuk tidak melakukan penimbunan.

“Kami hanya sebatas melakukan himbauan kepada pedagang, karena harga sembako yang naik biasanya lantaran ditimbun oleh pedagang,” ungkapnya.

Pihaknya juga akan melakukan pengecekan harga secara berkala, pemantauan dilakukan kepada seluruh pedagang yang ada di Pasar Cisalak.

“Seluruh pedagang yang ada di pasar kami pantau, tidak ada yang tidak terpantau. Khususnya komoditas yang rawan naik ya seperti cabai, telur, ayam dan sayuran yang lain,” katanya.

Dirinya menambahkan pihaknha masih terus melakukan koordinasi dengan Disperindag Kota Depok untuk menjaga harga berada di kisaran yang wajar. “Mudah-mudahan tidak ada lonjakan harga ketika seminggu mau puasa,” tutupnya.

Sumiyati salah satu pedagang sayuran di Pasar Tugu mengatakan harga sayuran pelan-pelan telah naik.

“Bawang ya yang naik, bawang putih bisa Rp 60 ribu per kg nya,” ujar Sum.

Ia menuturkan  biasanya harga saat ini mulai pelan-pelan naiknya. “Nanti pas seminggu mau puasa baru naiknya bakal lebih tinggi,” tandasnya.(mia)