Jelang Ramadan, TPU Kalimulya Penuh Peziarah

Posted on 5 views

DepokNews- Tempat Pemakaman Umum (TPU)Kalimulya I, dipenuhi penziarah yang hendak nyekar memasuki Bulan Ramadan. Kebanyakan mereka membawa rombongan keluarga besar, untuk mendoakan dan membersihkan makam.

Salah satu penziarah, Cici Prabangkara mengaku memang sengaja nyekar ke makam sang anak. Selain mendoakan juga membersihkan makam anak, menyiramkan air mawar dan menaburkan bunga.

“Datang berdoa sekedar mengobrol sama anak yang dikubur. Bersihin makamnya nyiram air mawar, nengokin mau puasa,” terang warga Kelurahan Mekarjaya ini, Ahad (21/5).

Dirinya sengaja datang di hari minggu karena esok hari masih bekerja. Meski tempat pemakaman penuh, dirinya tidak merasa terganggu.

“Tiap tahun memang gini, tapi enggak masalah penuh jadi ramai suasananya,” ujarnya.

Senada, Febrina warga Mekarjaya ini juga selalu nyekar bila memasuki Bulan Ramadhan. Namun sebenarnya tidak hanya saat bulan Ramadan saja, bila sedang merasa rindu dengan sang ayah, dirinya pasti datang ke makam.

“Kalau mau puasa sepertinya wajib yah. Tapi kalau hari biasa saya juga suka datang, karena dekat,” papar ibu dua anak ini.

Berdasarkan pantauan, TPU Kalimulya I memang padat. Orang datang tidak hanya pagi hari, namun siang hingga sore harinya. Bahkan tempat parkir pun menjadi penuh dan mendadak ada tukang parkir. Sepanjang jalan KSU pun menjadi macet oleh pengendara yang hendak berziarah.(mia)