Kania Purwanti (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)
DepokNews- Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Kania Purwanti mengatakan bahwa kebutuhan pokok jelang Bulan Ramadan aman. Hal tersebut berdasarkan tidak ada kenaikkan yang signifikan atau penimbunan kebutuhan di pasar tradisional yang ada di Kota Depok.
Kania menjelaskan, beberapa pekan lalu memang harga cabai sempat naik namun saat ini sudah menurun.
“Cabai barangkali bergantung pada kondisi tanam atau panen, jadi enggak ngaruh pada momen Ramadan. Presentase naiknya masih wajar,” terang Kania, beberapa waktu lalu.
Pada dasarnya, lanjut Kania, Disdagin memantau barang yang punya harga ecerab tertinggi, sebut saja beras, minyak, dan daging. Disdagin membawahi pasar tradisional, jadi hanya mengecek harga disana.
“Kalau ada harga ecer tinggi kita cek, berapa lama naiknya, cek dimana supliernya apakah kurang atau tidak di suplier, seperti itu,” ujarnya.
Pemantauan pun dilakukan tiap pekan dan memberi laporan ke beberapa OPD serta stakeholder terkait. Tim gabungan pemantauan harga bahan pokok jelang Ramadan ada di Asisten Ekbangsos Kota Depok, dimana Polresta Depok ikut didalamnya.
“Dengan atau tanpa tim, Disdagin tetap akan jalan memantau,” tutup Kania.(mia)