Tapos – Beberapa hari menjelang peringatan hari kemerdekaan RI ke-76, DPC PKS Kecamatan Tapos menggelar kegiatan fogging DBD di wilayah RT.09 RW.09 Jatijajar, Ahad (15/8/2021).

Menurut keterangan Relawan PKS, Umar Abdul Azis pihaknya mengadakan bakti sosial berupa pengasapan /fogging karena instruksi dari Ketua DPC PKS Kecamatan Tapos.

“Ketua RT.09 RW.09 mengajukan permohonan ke Ustad Mamuri selaku Ketua DPC agar lingkungannya dilakukan pengasapan,” ujar Umar.

“Karena rupanya di lingkungan tersebut sudah ada 3 warga yang kena DBD. Lalu pimpinan memerintahkan kepada kami untuk merespon permintaan warga. Kami langsung menyiapkan mesin, obat, dan bahan bakar,” sambungnya.

Tim Relawan yang diterjunkan untuk mengoperasikan mesin fogging sejumlah 3 orang. Selain Umar, ada Hendra, dan Adnan yang juga Ketua Ranting PKS Jatijajar.

Sedangkan Ketua DPC PKS Kecamatan Tapos, Mamuri Raskaman mengatakan fogging dilakukan untuk mencegah terjadinya DBD lanjutan.

“Ada 2 warga yang dirawat. Apalagi kita menjelang Agustusan khawatir bahwa akan terjadi penularan ke yang lainnya maka PKS punya kepentingan untuk mencegah terjadinya penularan kepada warga yang lainnya maka kita bantu ketua RT yang ingin agar lingkungan tercegah dari DBD,” kata Mamuri yang disampaikan melalui pesan suara (16/8/2021).

Ketika dikonfirmasi, Suparno Ketua RT.09 RW.09 Jatijajar membenarkan ada sebanyak 3 warganya yang terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue.

“Satu warga saya masih dirawat di RS Simpangan Depok. Yang dua orang sudah sembuh. Maka dari itu Saya mengajukan permohonan bantuan fogging kepada DPC PKS Tapos,” kata Suparno.

Selanjutnya Suparno mengungkapkan, sebelumnya ia dan pengurus RT lainnya sudah mengajukan permohonan fogging kepada puskesmas setempat namun tidak diterima karena dianggap belum memenuhi syarat.

“Akhirnya kami menghubungi Ustad Mamuri. Alhamdulillah beliau melalui partainya bisa membantu kami sehingga terlaksananya fogging di lingkungan RT.09 ini,” jelas Suparno.

Masih kata Suparno, kegiatan pengasapan dimulai pukul 08.00 sampai pukul 11.00 WIB. Dan terdata ada 185 rumah yang menerima manfaat fogging.

“Kami atas nama warga RT.09 RW.09 Kelurahan Jatijajar mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan fogging DBD yang diberikan Ustad Mamuri dan DPC PKS Tapos. Pelayanannya sudah bagus. Semoga lebih ditingkatkan lagi kepekaan sosialnya terhadap persoalan masyarakat.” pungkas Suparno. (shl)