DepokNews – Jajaran Polres Metro Depok melakukan bersih-bersih di sejumlah masjid di Kota Depok. Bersih-bersih dilakukan untuk persiapan pelaksanaan solat Idul Fitri 1442 H. Sebanyak 600 personil yang dikerahkan untuk membersihkan 21 masjid di seluruh Depok.

“Kita melakukan bersih-bersih di masjid. Di Depok ada 21 masjid. Selain untuk persiapan Idul Fitri juga tarawih juga,” kata Kapolres Metro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar, Senin (10/5/2021).

Kapolres menegaskan jemaah harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Jangan sampai kegiatan ibadah justru menyebabkan munculnya klaster baru.

“Harus (prokes) ini tadi di sampaikan memang dilaksanakan kegiatan solat Ied, tapi prokes harus diikuti jangan sampai ibadah itu jadi mala petaka jadinya,” tegasnya.

Bersih-bersih masjid ini dilakukan sejak Minggu (9/5) hingga Selasa (11/5). Pembersihan dilakukan mulai dari menyapu hingga membersihkan debu yang ada di dinding masjid. Selain itu Polrestro Depok juga memberikan bantuan alat kebersihan pada pengurus masjid.

“Ini sampai hari Selasa kita laksanakan. Selain bersih-bersih, juga kita berikan alat kebersihan pada pengurus masjid sebagai inventaris masjid,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DKM Masjid Nurul Mujahidin, Idris mengatakan setiap jemaah yang datang menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Pengurus juga menyiapkan alat cuci tangan dan sudah mengatur soal jarak.

“Kita kebetulan sudah ada tanda sendiri di lantai jadi memang sudah diatur soal jarak. Kami sangat apresiasi kepada Pak Kapolres Depok karena bersedia membersihkan masjid disini. Insyallah kami akan laksanakan solat Idulftri nanti,” katanya.

Selain menyiapkan alat cuci tangan, pengurus masjid juga mengimbau kepada jemaah untuk membawa perlengkapan solat sendiri. Seperti sajadah ataupun mukena dan sarung. Tujuannya agar tidak terjadi pinjam-meminjam alat perlengkapan solat.

“Untuk cuci tangan, kita siapkan masker kalau ada yang lupa bawa kita imbau kepada jamaah untuk membawa sajadah sendiri. Tadi juga ditambah lagi sajadahnya sama Bapak Kapolres,” pungkasnya.