DepokNews — Dalam rangka memperingati Haul Gus Dur dan Harlah NU ke-92, Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU)  Kota Depok menggelar kegiatan Puncak Roadshow Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Kegiatan tersebut merupakan akhir dari rangkaian pengkaderan bagi anggota baru di 11 Kecamatan. Hal itu dibenarkan Ketua PC IPNU Kota Depok Faisal. Menurutnya, sedikitnya di sembilan Pesantren dan sejumlah sekolah di Kota Depok. “Roadshow Makesta ini adalah puncak dari rangkaian pengkaderan yang dilakukan oleh IPNU. Bersamaan dengan akan diselenggarakannya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Haul Gus Dur dan Harlah NU ke-92. Kegiatan ini diselenggarakan di Pesantren Ar-Ridho, Jl. H. Abdul GHani II Jatimulya, Cilodong. Rencananya pada hari Kamis, 25 Januari 2017 pukul 19.30 WIB sampai dengan selesai,”ujarnya di sela-sela acara. Kemarin.

Menurutnya, kegiatan pengkaderan  yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh 200  siswa SMP, MA, SMK Ar-Ridho.  Ia mengungkapkan, sebelumnya rangkaian lawatan Makesta  diselenggarakan di sejumlah Pesantren seperti: Pesantren Al-Karimiyah, Qotrunnada, Al-Nahdlah, dan lainnya. Ia mengungkapkan, sejumlah materi yang disampaikan berupa ke-NU-an, Aswaja, IPNU dan IPPNU. Selain itu, lanjutnya, peserta juga memperoleh beragam materi seperti: motivasi belajar, kebangsaan, pembinaan karakter, konsultasi remaja, jurnalistik dan lainnya. “Kita berharap mereka ini menjadi seorang pemimpin yang memiiki jiwa leadership dan berkarakter kebangsaan,”tandasnya.

Hal serupa diutarakan Pembina PC IPNU Depok Ust. Humaidi Mufa mengungkapkan sebenarnya Haul Gus Dur biasanya diselenggarakan pada 23 Desember. Namun, NU Kota Depok memilihnya bersamaan dengan puncak Roadshow Makesta IPNU. Ia mengungkapkan, para peserta yang mengikuti kegiatan sangat antusias. Terlebih lagi, lanjutnya, beragam materi baru diberikan yang sangat bermanfaat bagi  pelajar,”terangnya.

Salah satu peserta Makesta IPNU-IPPNU Depok  Fahira siswi kelas 12 MA Arridho mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, selain menambah wawasan, pengalaman juga memperoleh banyak teman. “Senang bisa ikut acara ini, tentunya harapannya bisa menjadi pemimpin dan prestasi yang baik,”tandasnya.

Haul Gus Dur

Ketua PC NU Kota Depok KH. Raden Salamun Adiningrat mengajak kepada seluruh warga nahdliyin untuk hadir pada acara tersebut. Menurutnya, acara tersebut terbuka untuk umum karena ada Haul Gus Dur. Ia menambahkan, sebanyak 1500 jamaah akan menghadiri acara yang menampilkan KH. Mustofa Bisri yang memberikan tausiyah. “Rangkaian kegiatannya, mulai dengan Semaan Al-Qur’an  30 juz pada pukul 08.00 WIB s.d sore. Selanjutnya, pawai santri yang diikuti 1000 peserta dimulai pada pukul 14.00  WIB. Sedangkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul pada pukul 19.30 WIB s.d selesai,”paparnya.

Ia menambahkan, tamu yang hadir diantaranya  Menteri Agama  RI, OPD Kota Depok, Ormas, DPRD Depok, Pengurus PBNU, PWNU, Alim Ulama dan masyarakat. Dirinya mengungkapkan, dengan rangkaian kegiatan tersebut sebagai bagian dari doa untuk Gus Dur dan Negeri. Selain itu, imbuhnya, sebagai syiar dan kiprah dari NU Kota Depok pada masyarakat.