DepokNews–Anggota DPRD Fraksi PKS Dapil Cimanggis, Sri utami meninjau setu Tipar yang terletak di Kelurahan Mekarsari Cimanggis, Kota Depok. Dalam peninjauan tersebut ketua Fraksi PKS ini mengajak serta peneliti dari Universitas Indonesia.

Sri Utami mengungkapkan kunjungan ini dalam rangka survey awal dengan harapan bisa ditindaklanjuti oleh rekan-rekan peneliti dan mahasiswa UI untuk melakukan pemetaan terhadap kondisi air, plankton, dan biota setu.

” Kunjungan ini adalah inisiasi saya yang berawal daru pembicaraan terkait masalah setu dan berharap nantinya akan ada kontribusi UI untuk Depok,”ujarnya saat dikonfirmasi. Kamis (4/2/2020).

Ketua Fraksi PKS ini juga mengatakan bahwa kunjungan tersebut nantinya bisa menjadi solusi atas keresahan warga yang sering terganggu dengan bau tak sedap yang berasal dari setu Tipar.

” jadi saya ingin mencarikan solusi agar bau tak sedap yang muncul dalam waktu tertentu bisa teratasi sehingga masyarakat tidak lagi terganggu,”bebernya.

Sementara itu peneliti dari Departemen Biologi UI, Dr Mufti Petala Patria
menyambut baik inisiasi dari Anggota DPRD FPKS Dapil Cimanggis Sri Utami yang meminta dirinya dan tim untuk melakukan penelitian terkait sumber bau pada setu Tipar. Nantinya juga akan ada rekan peneliti lain dan mahasiswa yang bergabung.

” Penelitian akan diarahkan untuk melihat kandungan air, ikan, plankton dan biota setu lainnya. Dengan penelitian yang dilakukan nanti diharapkan akan bisa dicari solusinya,”ujarnya

Pada kesempatan tersebut hadir juga Lurah Mekarsari Iqbal Faroid, ia mengapresiasi kerja dan sinergis anggota dewan dan peneliti UI.

“Saya berharap akan ada solusi atas keluhan warga tersebut,”pungkasnya.