Foto Sumber : Unplash

Berpikir negatif adalah cara berpikir yang lebih condong ke arah sisi buruk daripada sisi baik atau sisi positif. Pola pikir negatif ini dapat tercermin dari bagaimana seseorang bersikap dan berperilaku sehari – hari. Sebenarnya setiap orang pasti pernah berpikir negatif namun apalagi pola pikir negatif ini lebih dominan maka hal ini dapat menganggu diri sendiri dan juga orang lain. Dalam keseharian berpikir negatif akan membuat seseorang penuh prasangka buruk, ketidakpercayaan, selalu curiga serta pikiran – pikiran buruk di luar nalar. Maka dari itu sangat penting untuk menghilangkan pikiran negatif. Di ambil dari laman sehatq.com berikut beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menghindari pikiran negatif :

  • Mengenali pemicu pikiran negatif itu sendiri

Mengenali pemicu pikiran negatif memang tidaklah mudah apalagi pikiran biasanya muncul secara spontan, namun bukan berarti tidak bisa melakukan identifikasi. Anda pasti bisa merasakan setiap energi yang datang dari pikiran, jika Anda merasakan energi negatif ketika memikirkan sesuatu maka itu yang disebut dengan pemicu pikiran negatif.

Tujuan dari identifikasi ini adalah agar Anda dapat menghindari hal – hal yang dapat memicu datangnya pikiran negatif. Ketika pemicu itu hampir datang, ada bisa melakukan hal lain sehingga dapat tetap berpikir positif.

Contohnya adalah, Anda berpikir negatif soal pekerjaan Anda. Anda khawatir pekerjaan Anda tidak keren di mata teman – teman dan keluarga Anda. Anda dapat mengalihkan pikiran tersebut dengan bersyukur karena Anda masih memiliki pekerjaan, Anda mendapat kehidupan yang layak dari pekerjaan tersebut.

  • Memberikan afirmasi kepada diri sendiri

Setelah Anda mengenali pemicu datangnya pikiran negatif, Anda bisa mulai melawan pikiran – pikiran negatif tersebut dengan pernyataan positif kepada diri Anda. Anda dapat mengucapkan kalimat positif tersebut secara berulang – ulang. Contohnya Anda berpikir negatif soal bentuk fisik Anda, Anda bisa mulai mengatakan kepada diri Anda sendiri bahwa Tuhan sudah menciptakan Anda sesempurna mungkin.

Social Cognitive and Affective Neuroscience mengungkapkan dalam sebuah studi, afirmasi diri membuat aktif bagian otak yang berkaitan dengan penghargaan diri dan proses diri.

  • Berada dilingkungan yang positif

Seringkali pikiran negatif datang dari orang terdekat, maka dari itu sangat penting memastikan bahwa diri Anda berada di sebuah lingkungan yang membawa dampak positif. Berada dilingkungan yang positif akan membuat Anda menjadi lebih berkembang, lingkungan yang positif akan mendukung hal – hal baik yang Anda lakukan.

  • Melakukan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat tidak hanya berpengaruh untuk kesehatan fisik seseorang namun juga dapat mempengaruhi kesehatan mental dan pikiran. Olahraga ringan seperti berjalan kaki dapat memancing keluarnya hormon yang membuat seseorang merasa bahagia.

Untuk menghilangkan pikiran negatif memang tidaklah mudah, maka dari itu perlu sebuah komitmen dan tekad yang kuat. Pikiran positif akan membuat hidup Anda menjadi lebih sehat, selain itu Anda juga dapat lebih mudah meghadapi hal – hal yang membuat stres. Anda akan menjadi orang yang lebih baik lagi.