Jaringan Telekomunikasi Indosat Ooredoo Siap Menemani Perjalanan Mudik Pelanggan

DepokNews– Jakarta, 10 Juni 2018, Kegiatan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama sanak keluarga telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setelah menunaikan ibadah Ramadhan sebulan penuh. Mudik dengan lancar dan nyaman menjadi prioritas bersama, termasuk kegiatan berkomunikasi pelanggan selama perjalanan mudik itu sendiri menjadi perhatian penting operator seperti Indosat Ooredoo. Mendukung kelancaran berkomunikasi pelanggan selama mudik, Indosat Ooredoo telah mempersiapkan diri jauh hari untuk tetap bisa melayani pelanggan dengan baik, selain dengan paket layanan menarik dan menguntungkan, tidak kalah penting adalah menyiapkan jaringannya di sepanjang jalur mudik dan kota tujuan mudik.

Peningkatan trafik telekomunikasi yang telah diprediksi dengan baik dan akurat, diantisipasi dengan upaya penyiapan kapasitas jaringan data, suara dan SMS. Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas layanan data yang ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte/hari, untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 83,7% dibandingkan tahun lalu. Demikian pula dengan kapasitas suara yang ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari serta kapasitas SMS yang ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari, telah disiapkan sesuai dengan prediksi trafik yang akan terjadi.

Selain peningkatan kapasitas jaringan serta berbagai upaya lain yang biasa dilakukan setiap tahunnya, khusus untuk Lebaran 2018 ini ada dua hal baru yang dilakukan Indosat Ooredoo untuk mendukung kesiapan jaringan Lebarannya, yang membedakan dari yang dilakukan di tahun sebelumnya, yaitu (1) penggunaan spektrum baru untuk LTE di frekuensi 2100 MHz dan (2) optimasi jaringan secara otomatis dengan SON (Self Organizing Network).

Dengan kombinasi LTE di 1800 MHz eksisting dengan LTE di 2100 MHz yang baru dengan Carrier Aggregation, pelanggan bisa memanfaatkan kedua spektrum tersebut dengan optimal. Hal ini akan memberikan kualitas dan kecepatan yang lebih baik bagi pelanggan, untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang mendukung kelancaran dan kenyamanan saat mudik dan saat berlebaran, seperti aplikasi social media, navigasi, informasi dan hiburan.

Mobilitas pelanggan yang sangat tinggi terutama pada saat Lebaran membutuhkan aktivitas monitoring dan optimasi secara terpadu dan realtime. Dengan mengimplementasikan Self Organizing Network (SON), Indosat Ooredoo dapat melakukan optimasi jaringan secara otomatis untuk menjaga kualitas jaringan khususnya di sepanjang jalur mudik dan kota-kota tujuan mudik.

”Berbagai upaya kami lakukan sebagai bagian dari komitmen kami untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi selama perjalanan mudik serta perayaan Lebaran dan libur Lebaran. Kami ingin pelanggan tetap menikmati pengalaman terbaik di saat-saat penting mereka berkumpul, bersilaturahmi dan menikmati libur Lebaran. Kami juga melibatkan lebih dari 1800 tim teknis untuk mendukung operasional jaringan secara harian selama masa trafik tinggi, untuk memastian bahwa jaringan kami memberikan performansi terbaik untuk pelanggan,” demikian disampaikan Dejan Kastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.

Upaya memastikan kualitas jaringan selama mudik juga dilakukan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan secara nasional. Kendala jaringan akan dapat diidentifikasi lebih awal, sehingga dapat diatas sebelum kendala tersebut dirasakan oleh pelanggan. Sebelumnya juga telah dilakukan uji jaringan di jalur mudik Semarang-Demak-Kudus, Jawa Tengah, untuk menunjukkan kesiapan jaringan di bagian jalur Pantura yang juga menjadi jalur mudik padat di pesisir utara Jawa Tengah menuju Jawa Timur. Dalam uji jaringan tersebut, diperoleh coverage 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus. Selain itu juga dicoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download, live streaming, YouTube, dan video call. Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Tetap terhubung dengan internet selama mudik dan libur Lebaran

Mendukung kelancaraan dan kenyamanan berkomunikasi dan akses internet selama mudik dan libur Lebaran, dengan meluncurkan program baru bagi pelanggan. Pelanggan bisa memilih seri paket UNLIMITED YouTube yang sesungguhnya dengan harga terbaik mulai dari Rp5.000. Paket terbaru ini hadir dengan masa aktif 3 hari dengan harga terjangkau, dari yang termurah Rp5.000, hingga Rp12.000 untuk masa aktif 7 hari. Dengan berlangganan paket ini, pelanggan dapat mengakses YouTube, dan aplikasi favorit sehari-hari untuk chatting, media sosial, transportasi, hingga aplikasi streaming musik dan film secara bebas tanpa khawatir kehabisan kuota.

Pelanggan juga dapat menikmati UNLIMITED Apps secara bebas bahkan ketika mereka kehabisan kuota utama. Kecepatan jaringan juga tidak akan terpengaruh pada saat kuota utama sudah habis. Akses gratis untuk YouTube dapat digunakan secara otomatis tanpa perlu registrasi, pelanggan hanya perlu membayar satu kali, tanpa harus membayar lebih.

Selain itu, pelanggan juga dapat memilih paket UNLIMITED bulanan, yang hadir dalam berbagai pilihan, dengan sejumlah manfaat seperti akses gratis aplikasi favorit sehari-hari, nelpon, dan SMS sepuasnya untuk sesama pengguna nomor Indosat Ooredoo, akses YouTube gak habis-habis, serta pilihan kuota utama untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Paket ditawarkan mulai dari Rp20.000 untuk 1 GB; Rp50.000 untuk 3GB hingga Rp120.000 untuk 15 GB; dan Rp165.000 untuk Paket Unlimited Jumbo. Paket Unlimited Jumbo ini bahkan hadir dengan manfaat kebebasan nelpon dan SMS tanpa batas ke semua operator seharian.

Lebih baik lagi, selain Paket Unlimited pelanggan juga bisa ikut program Isi Pulsa dapat Bonus Pulsa. Pelanggan cukup tekan *123*3# untuk mendapatkan informasi terkait program ini. Pelanggan bisa mendapatkan Bonus 50% pulsa dari isi pulsanya minimum isi pulsa Rp10rb dengan bonus hingga Rp100rb. Bonus tersebut bisa digunakan untuk internetan, SMS.