DepokNews – Universitas Indonesia (UI) untuk ke-28 kalinya kembali menggelar UI Career & Scholarship Expo yang berlangsung pada 3 – 5 Oktober 2019 (Pk. 9.00 – 17.00) di Balairung UI, Kampus Depok.

Pada kegiatan tersebut sebanyak 68 perusahaan nasional maupun multinasional serta 11 lembaga pendonor beasiswa serta 27 entrepreneurship berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pembukaan UI Career & Scholarship Expo XXVIII 2019 dilaksanakan pada Kamis (3/10) di panggung utama Balairung UI kampus Depok.

Kepala KIP dan Humas UI Rifelly Dwi Astuti mengatakan UI Career dan Scholarship Expo yang telah dilaksanakan sebanyak 28 kali selama 14 tahun berturut-turut merupakan bukti nyata bahwa UI memperhatikan pengembangan lulusannya baik yang akan memasuki dunia kerja maupun melanjutkan studi.

“Career Development Center (CDC) UI selaku pelaksana acara telah membuktikan diri sebagai pionir, creator dan inovator kegiatan yang meneliti dan menjembatani hubungan antara dunia pendidikan dan dunia kerja,” katanya.

Salah satu tantangan dan permasalahan ketenagakerjaan saat ini adalah sistem perdagangan bebas dalam kerangka MEA yang mempengaruhi perpindahan manusia untuk bekerja dari suatu negara ke negara lain. Suatu negara tidak dapat menolak masuknya tenaga kerja asing ke negaranya.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, UI sebagai perguruan tinggi terbaik di negeri ini berkomitmen meningkatkan daya saing alumninya di tingkat global melalui pengajaran berkualitas, pengembangan sarana prasarana pendidikan, perluasan kolaborasi dan kemitraan dalam bidang pendidikan, riset dan iklim akademik yang dinamis tanpa batas, “ujarnya.

Dijelaskan Rifelly kegiatan ini dihadiri lebih dari 9 ribu pengunjung yang terdiri atas fresh graduate (wisudawan/lulusan Agustus 2019), alumni, mahasiswa tingkat akhir UI serta masyarakat umum diproyeksikan mengunjungi bursa kerja dan beasiswa ini.

” Rangkaian kegiatan diantaranya eksibisi, presentasi perusahaan maupun lembaga pendonor beasiswa, tes seleksi dan wawancara serta seminar persiapan melanjutkan studi dan seminar karir, “tuturnya.