ilustrasi (istimewa)

DepokNews–Setiap tahunnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi sebuah  pembicaraan yang menarik bagi siswa kelas tiga SMA. Bahkan tidak jarang yang ketika baru masuk SMA sudah mulai mencari tahu soal PTN yang dituju. Pamor PTN seakan tidak pernah pudar apalagi saat ini semakin mudahnya informasi tersebar, menceritakan bagaimana hebatnya perguruan – perguruan tinggi tersebut, betapa membanggakannya ketika dapat menjadi bagian dari PTN tersebut.

Tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa masuk PTN merupakan syarat sukses sebuah masa depan, padahal sukses memiliki berbagai jalan. Tidak jarang pula yang pada akhirnya asal-asalan dalam memilih jurusan kuliah guna dapat menjadi bagian dari PTN tersebut, padahal memilih jurusan kuliah yang sebenarnya tidak kamu sukai bisa menjadi penyesalan di kemudian hari. Tidak sedikit pula yang pada akhirnya memilih masuk kuliah ulang atau bahkan memutuskan berhenti. Tentu kamu tidak ingin mengalami hal ini bukan, maka dari itu berikut tips memilih jurusan kuliah yang tepat untukmu.

Sesuaikan Dengan Cita-Cita, Minat dan Potensi Kamu

Dalam dunia perkuliahan kamu akan ditawarkan oleh berbagai jenis jurusan. Tidak semua jurusan sesuai dengan apa yang kamu cita-citakan, maka dari itu perbanyaklah informasi mengenai apa yang kamu inginkan serta cari tahu jurusan apa yang tepat untuk cita-cita tersebut. Jika kamu masih bingung kamu dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut :

Apa yang membuatmu tidak ingat waktu?

Apa yang kamu sukai?

Apa yang tidak kamu sukai?

Coba tanya orang sekitarmu, apa yang paling kamu kuasai?

2. Gali Informasi Sebanyak Mungkin Soal Jurusan yang Kamu Tuju

Setelah kamu mengetahui jurusan yang ingin kamu ambil, kini saatnya kamu mencari tahu hal-hal yang berkaitan soal jurusan tersebut. Mulai dari mata kuliah apa yang akan dipelajari, jalur karier untuk lulusan jurusan tersebut, kampus mana saja yang menyediakan jurusan tersebut serta hal-hal lainnya.

Semakin banyak kamu mencari tahu soal informasi jurusanmu, semakin kamu dapat mempertimbangkan, apa benar ini jurusan yang kamu cari? Jika dalam riset nanti kamu merasa ada yang tidak cocok, kamu masih memiliki kesempatan untuk mencari tahu jurusan lain, sehingga kelak ketika sudah final pemilihan jurusan kamu sudah benar-benar yakin.

3. Bicarakan Jurusan Kuliahmu Kepada Pihak Lain

Kelak memang kamu yang akan menjalakan kuliah namun kamu tidak bisa mengambil keputusan sendiri apalagi jika orang tuamu sebenarnya menginginkan kamu masuk jurusan lain.

Kamu bisa berdiskusi kepada orang tuamu, kamu bisa menjelaskan berbagai pertimbanganmu untuk masuk jurusan yang kamu inginkan, jika kamu dapat menjelaskannya dengan baik maka sangat tidak menutup kemungkinan orang tuamu akan sangat setuju. Apalagi saat ini banyak orang tua yang mulai melihat bahwa PTN bukanlah satu-satunya jalan menuju masa depan yang cerah, sudah banyak orang yang mulai memahami bahwa diri sendirilah yang menentukan masa depan.

Jika kamu memiliki kenalan yang berada di jurusan yang kamu minati, kamu juga bisa berdiskusi dengannya. Bahkan jika perlu kamu bisa meminta pendapat kepada konsultan pendidikan.

4. Pikirkan Kembali Semuanya Baik-Baik

Setelah melewati beberapa langkah di atas, beri dirimu waktu untuk kembali memikirkan semuanya matang-matang. Apakah benar ini yang kamu inginkan?