DepokNews-Universitas Gunadarma terus menjalin kerejsama dengan berbagai perpguruan tinggi di berbagai negara di dunia, salah satunya menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di negara Jepang.

Untuk merealisasikan kerjasama tersebut dalam bentuk-bentuk kegiatan yang konkrit, sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusannya, delegasi Universitas Gunadarma dengan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E. S. Margianti, SE., MM berkunjung ke Jepang.


Selain Prof. Dr. E. S. Margianti turut dalam delegasi kunjungan tersebut antara lain : Dr. I Made Wiryana, Dr. Hotniar, Dr. Eri Prasetyo W , Dr. Matrissya dan Prof. Dr. Widyastuti (UGM).

Kunjungan tersebut berlangsung dari tanggal 1-7 Desember 2019. Kegiatan di jepang adalah mengunjungi beberapa universitas yang sudah ada kerjasama (MOU), seperti Tokyo University of Technology(TUT), Kogakuin University, Universitas yang akan melakukan tanda tangan MOU, Kurume university dan universitas yang belum ada kerjasama seperti Kyusu University di Fukuoka untuk penjajakan.

Hari pertama setiba di tokyo, langsung megunjungi Tokyo University of Technology(TUT), di universitas tersebut rombongan disambut hangat oleh Prof. Kendo dan dekan fakultas ilmu komputer untuk membicarakan dan mengintensitaskan kerja sama. Hari ketiga rombongan mengunjungi Kogakuin University sebagai balasan atas kunjungan delegasi kogakuin ke universitas Gunadarma. Rombongan UG diterima oleh rektor Prof. Sato dan dekan ilmu komputer serta beberapa staff pengajar. Kegiatan kerjasama yang telah nyata antara dua institusi adalah mengundang 10 mahasiswa Gunadarma untuk mengikuti program Sakura Science yang dipimpin oleh Prof. Miki, dimana 10 mahasiswa melakukan kegiatan proyek belajar selama 1 minggu di jepang Pada bulan Juli 2019.

Hari selanjutnya Mengunjungi kurume University. Kurume university terkenal dengan fakultas kedokterannya. Rombongan dijamu dengan makan malam dengan menu ala France. Esok harinya diadakan acara MOU yang dilakukan secara formal. Sebelum Penandatangan MOU masing-masing rektor melakukan pidato tentang semangat kerjasama. Penandatanganan MOU dilakuakan oleh Prof, Mitsuo Nagata dan Prof. E.S. Margianti.
Dalam acara MOU tersebut juga dimuat oleh media koran jepang. Selesai penandatanganan MOU diakhir dengan makan siang dengan menu yang luar biasa. Selanjutnya dilanjutkan mengunjungi lab. Fak. Kedokteran dan rumah sakit pendidikan kurume University yang sangat modern dan canggih.

Hari terakhir beberapa rombongan mengunjungi Kyusu universty di Fukuoka. Kyusu University Merupakan universitas tua dan terkenal di jepang.