DepokNews–Walikota Depok Mohammad Idris pada Jumat (28/6) meninjau lokasi jalan Raya Sawangan yang alami kerusakan di Kecamatan Pancoran Mas.

Walikota langsung mengintruksikan kepada Dinas terkait untuk segera melakukan penanganan, pasalnya, lokasi amblasnya jembatan tersebut berada persis disisi kiri Masjid Jami Al Istiqomah, Jalan Raya Sawangan ambruk dan merupakan persimpangan.

“Kami langsung mengintruksikan Dinas PUPR untuk segera menanggulangi permasalahan tersebut dengan mendatangkan satgas banjir guna melakukan peninjauan lapangan serta melakukan observasi pengamanan keadaan fisik”katanya.

Satgas banjir dari Dinas PUPR akan segera melakukan penanganan sementara dan mengusulkan kepada PUPR Pusat agar segera melakukan penanganan permanen dengan membuat jembatan baru atau menggunakan Box Curvet dengan tidak mengurangi penampang basah.

Karena yang berwenang untuk melakukan penanganan secara permanen, kata Idris adalah pemerintah pusat dalam hal ini kementrian PUPR dan mengusulkan penanganan sementara menutup jembatan amblas oleh plat besi dengan penahan besi wf oleh pusat.

Jika dilakukan pekerjaan sementara dengan menggunakan Plat Besi, estimasi waktu pekerjaan diperkirakan rampung dalam satu minggu, dan pekerjaan dengan Box diperkirakan rampung dalam 2-3 Minggu, sementara jika pembangunan jembatan baru dari beton, baru dapat selesai 2-3 bulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Dadan Rustandi menambahkan pihaknya sudah menurunkan anggota satuan tugas (Satgas) SDA untuk membersihkan puing badan jalan atau aspal yang ambrol ke badan Kali Mampang terlebih dahulu.

“Kami sudah turunkan petugas di lokasi, hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi tersumbatnya aliran air Kali Mampang agar tidak membuat banjir di badan Jalan Raya Pramuka dan perempatan Mampang,” katanya.