DepokNews- Menjaga lingkungan masyarakat agar terhindar dari aksi radikalisme membuat Kasat Binmas Polres Metro Depok Kompol Lumban membentuk Dai Kamtibmas.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kompol Lumbun mengatakan keberadaan Dai Kamtibmas ini sudah ada sejak lama. Namun fungsinya untuk membantu tugas informasi dari Bhabinkamtibmas yang ada di tiap wilayah dalam menjaga kamtibmas.

” Dai Kamtibmas ini adalah sebagai kepanjangan tangan dari Bhabinkamtibmas dalam menyampaikan tugas Harkamtibmas di wilayah masing-masing,”kata Kasat Binmas Polres Metro Depok Kompol Lumban di ruang kerjanya usai launching Dai Kamtibmas di Kabeda, Beji, Kota Depok.

Lanjutnya wilayah hukum Polres Metro Depok terdapat tujuh Polsek dengan mengcover 13 kecamatan dalam menjaga keamanan. Untuk satu polsek akan dibentuk 10 dai kamtibmas diangkat dari para alim ulama warga lokal. Sementara bidang yang ditekuni adalah dakwah, pengkajian pendidikan, hubungan antar lembaga, komunikasi informasi dan data, pengembangan sosial budaya.

“Selain itu dari semua bidang, konsentrasi Dai Kamtibmas juga dapat membawakan Bimbingan Rohani dan Mental (Birotal) kepada para tahanan diharapkan setelah bebas nanti dapat kembali menjadi orang baik,”pungkasnya