Jaga Ketenangan Batin Pasien, RSUD Depok Siapkan Pembimbing Rohani

Posted on

DepokNews — Seorang pasien rumah sakit, sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak agar memiliki kekuatan dan ketenangan batin dalam menghadapi cobaan yang dihadapinya. Salah satunya dukungan dari pembimbing rohani, agar bisa memotivasi pasien untuk sembuh dari penyakit, seperti dilansir depok.go.id

Kepala Bidang Pelayanan Medis, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Tri Astuti mengatakan, sejak tahun lalu RSUD Kota Depok telah menyiapkan pembimbing rohani bagi pasien yang membutuhkan. Penyediaan pembimbing rohani dimaksudkan agar pasien dalam menghadapi musibah selalu berdoa untuk diberikan kesabaran.

“Pasien di RSUD tentunya sedang menghadapi ujian, untuk itu perlu dukungan psikis atau spiritual, sesuai dengan agama masing-masing pasien,” terang Tri, baru-baru ini.

Tri menambahkan, penyediaan pembimbing rohani ini guna memberikan ketenangan batin dan keteduhan hati pasien dalam menghadapi penyakit. Selain itu, memberikan motivasi pada pasien dan keluarga pasien agar tetap tenang di tengah ujian dari Allah.

“Pembimbing rohani juga memberikan nasehat agar pasien merasa lebih kuat, ikhlas dan yakin akan pertolongan Allah,” imbuhnya.

Untuk pembimbing rohani yang disiapkan oleh RSUD Depok, katanya, berasal dari agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, dan Hindu. Ke depan akan disediakan pula pembimbing rohani dari agama Budha dan Konghucu.

“Mudah-mudahan dengan adanya pembimbing rohani ini bisa membuat pasien lebih tegar dan memiliki spiritualitas yang kuat juga,” pungkasnya.