DepokNews-Sedikitnya 70 Anggota Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) Kota Depok berpatroli dan menjaga gereja. Upaya tersebut dalam rangka menjaga kondusifitas, keamanan dan kenyamanan beribadah perayaan Natal. “Sebenarnya tidak ada permintaan secara khusus kepada Banser Depok baik dari kepolisian maupun pihak gereja. Jadi partisipasi kita hanya membantu dan mulai patroli ke beberapa gereja di mulai pukul 19.00 sampe acara ibadah natal selesai,”ujar Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kota Depok Ust. Abdul Kodir.

Kodir menuturkan, pada prinsipnya Banser Ansor siaga pada malam natal dan tahun baru. Ia mengungkapkan, salah satu tujuannya untuk memberikan rasa aman kepada saudara umat kristiani yang akan mengadakan ibadah malam Natal. “Banser akan berpatroli ke beberapa gereja di Kota Depok. Memerintahkan keada seluruh Pengurus Ansor di kecamatan masing-masing untuk membantu aparat kepolisian. Yaitu dalam menjaga keamananan malam Natal dan tahun baru,”paparnya.

Sebelumnya, Kepolisian Metro Kota Depok mulai memetakan pengamanan dan 1.065 personel gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI, disebar untuk mengawal dua agenda besar akhir tahun itu. Kapolres Metro Depok AKBP Azis Andriansyah menuturkan khusus ketika perayaan Natal akan diaktifkan pengamanan swakarsa yang terdiri dari elemen masyarakat dan internal gereja. “Kami menyiasati dengan melibatkan kewilayahan (PAM Swakarsa), dan membagi personel melihat banyaknya tempat ibadah umat Nasrani di Depok. Terhitung, ada kurang lebih ada 143 gereja. Fokus perhatian pada keramaian di tempat ibadah, terorisme, kejahatan konvensional, kejadian intoleransi,”ucapnya.

Sudah menjadi agenda tahunan Banser Kota Depok turut berpartisipasi dalam mengamankan dan menjaga gereja saat perayaan Natal.