Jadikan Workshop Sebagai Komitmen Untuk Efektifkan Kinerja Pokjanal Posyandu

Posted on 2 views

DepokNews — Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna membuka Workshop Pemberdayaan Pokjanal Posyandu Tingkat Kota Depok Tahun 2017.

Workshop berlangsung di Aula Perpustakaan Umum kota Depok, Selasa (11/04/17) pagi. Ketua Panitia Workshop Eka Bachtiar melaporkan workshop diikuti oleh 170 peserta, terdiri dari pengurus posyandu tingkat kelurahan dan kecamatan, serta OPD terkait. Workshop ini mengusung tema optimalisasi fungsi dan kinerja melalui revitalisasi posyandu. “Ada dua narasumber dalam workshop, yaitu Ketua Pokjanal Posyandu Kota Depok Harry Prihanto dan Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida,” ujar Eka seraya berharap, workshop dapat meningkatkan koordinasi, fungsi, dan kinerja pokjanal.

Awali sambutan, Wakil Walikota menyatakan program revitalisasi posyandu telah memberikan kontribusi positif terhadap capaian tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Depok. Hal itu terbukti dengan IPM Kota Depok yang mencapai 79,11. Tak hanya itu, Angka Harapan Hidup kota Depok juga mencapai 74,10, Angka Melek Huruf 99,09, dan Rata-Rata Lama Sekolah 11,17 serta Indeks Daya Beli sebesar 661,35.

Pradi melanjutkan, posyandu juga masih memiliki berbagai permasalahan, diantaranya, belum optimalnya tingkat partisipasi masyarakat ke posyandu, droup out kader, masih adanya posyandu aktif yang belum memiliki tempat permanen, belum optimalnya perencanaan sinergis antar perangkat daerah terkait dengan pokjanal posyandu, serta pengetahuan dan komitmen Pokjanal Posyandu yang belum optimal. “Permasalahan tersebut harus menjadi perhatian kita semua. Ayo cermati dan berikan solusi atas berbagai permasalahan terkait Posyandu,” ajak Pradi kepada para peserta workshop.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota meminta para peserta untuk mengikuti workshop dengan serius. “Jadikan workshop sebagai komitmen bersama untuk mengefektifkan kinerja pokjanal posyandu, baik di Tingkat Kota, Tingkat Kecamatan, dan Tingkat Kelurahan. Sehingga peran Posyandu di masyarakat dapat lebih optimal dan berbagai masalah yang ada bisa teratasi dengan baik,” harap Pria Asli Beji