DepokNews–Atalia Praratya Kamil (istri Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil), belum lama ini telah mengukuhkan Jabar Bergerak sebagai salah satu wadah yang dinilai efektif untuk meringankan kerja pemerintah daerah.

Salah satu peran dari komunitas ini ialah berkaitan dengan isu kemanusiaan.

Sejak diresmikan beberapa bulan lalu, perkumpulan tersebut kini telah tersebar hampir merata di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat. Salah satunya adalah di Kota Depok.

Ketua Jabar Bergerak Kota Depok, Ari Kusumawati menuturkan, Jabar Bergerak adalah sebuah wadah atau organsiasi yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan politik.

Ia menjelaskan, Jabar Bergerak hadir untuk memajukan atau membuat situasi di pemerintahan daerah, atau pun masyarakat di Jawa Barat untuk lebih nyaman, lebih cantik dalam berbagai bidang dan membuat rasa kemanusiaan lebih ada.

“Bisa dibilang, kata pak gubernur, tiga perempat-nya itu untuk masyarakat, dan seperempat-nya untuk diri kita sendiri. Siapapun boleh masuk dan berpartisipasi, yang penting harus peduli orang lain,” katanya saat dikonfirmasi wartawan pada Kamis(5/3).

Jabar Bergerak, ucap Ari, harus menonjolkan rasa empati, rasa kasih sayang untuk lebih baik lagi.

Dia menerangkan, jangka pendek yang akan dilakukan pihaknya saat ini ialah mengadakan rapat kerja dengan membahas sejumlah isu-isu strategis di Kota Depok.

“Karena Depok baru mulai untuk bergerak jadi kami akan berkoordinasi dengan teman-teman pengurus lainnya. Baik itu dibidang pendidikan, kesehatan, sosial, pariwisata, kuliner dan lain-lain, agar kedepannya bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah,”katanya.

Ari pun berharap, kehadiran Jabar Bergerak di Kota Depok dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk masyarakat dan pemerintah.

Mudah-mudahan Jabar Bergerak Kota Depok bisa maju terus dengan kepeduliannya, dengan sisi kemanusiaan dan empatinya, serta mendapat dukungan dari masyarakat, dan pemerintah setempat tentunya.

Perkumpulan ini dipimpin langsung oleh Atalia Praratya Kamil (istri Ridwan Kamil) sebagai Ketua Umum dan dibantu Tatan Ahmad Santana sebagai Ketua Harian.

Jabar Bergerak memiliki lima pilar pokok, yaitu: keagamaan, pendidikan, sosial, kesehatan, dan kebudayaan.

Pembentukan lima pilar ini bersandar pada persoalan dan tantangan pokok yang kini dihadapi oleh masyarakat Jawa Barat.

“Jabar Bergerak ini sebetulnya inisiator utamanya Ibu Atalia, beliau melihat begitu banyak komunitas-komunitas kebaikan yang kalau tidak diwadahi kan sayang. Oleh karena itu kita wadahi semua itu untuk berkolaborasi, bersinergi dengan Pak Ridwan Kamil dan Pak Uu untuk membangun Jawa Barat yang lebih baik lagi,”katanya.