IT Masih Menjadi Langganan Di Politeknik

Posted on 8 views

Oleh:  Nama: Nada Saffana  (Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta)

 DepokNews — Politeknik Negeri Jakarta menggelar Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) gelombang 1 pada hari Sabtu 20 Mei 2017. Jurusan Teknik Informatika & Komputer (TIK) menjadi pilihan terbanyak pada UMPN bidang rekayasa, sedangkan untuk bidang tata niaga adalah Jurusan Administrasi Niaga. Tercatat, tahun ini ada 5710 peserta yang bersaing untuk memperebutkan 800 kursi di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Ketua Pelaksana UMPN, Fachruddin M.T mengatakan peningkatan peserta UMPN ini tidak terlalu signifikan, ada 2885 peserta bidang rekayasan dan 2825 peserta bidang tata niaga.

“Jurusan yang menjadi langganan adalah TIK program studi TI untuk rekayasa dan Administrasi Niaga program studi MICE untuk tata niaga.”  ujar Fachruddin.

Fachruddin mengatakan persiapan untuk UMPN ini dilakukan dengan promosi, bukan hanya untuk menarik para calon peserta tetapi juga untuk memperkenalkan politeknik kepada masyarakat karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang politeknik.

Daya tampung di Politeknik Negeri Jakarta sebesar 800 orang, melalui jalur UMPN hanya akan menerima mahasiswa baru sebesar 40% dari jalur masuk lain seperti Bidikmisi, dan PMDKPN.

Penambahan kuota dilakukan oleh beberapa jurusan, salah satunya adalah jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan. “Tahun ini terjadi penambahan kelas pada program studi Grafika dan Teknik Industri Cetak Kemasan menjadi 2 kelas.” ujar ketua Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Dra. Wiwi Prastiwinarti, M.M

Jurusan lain seperti akuntansi pun tidak sepi peminat, salah satunya adalah Aprillio Mika (17) saat ditemui di Politeknik Negeri Jakarta mengatakan memilih jurusan akuntansi karena memang dari SMA sudah memilih ips sehingga ingin melanjutkannya sampai ke perguruan tinggi.

Disaat yang bersamaan kakak Mika, Irfan (20) bertanggapan untuk serahkan pilihan kepada adiknya, walaupun bukan memilih jurusan yang paling diminati tetapi jurusan yang ia sukai.

Menurut Farah Sandi selaku pengawas UMPN tes yang berlangsung kurang lebih 2,5jam itu berlangsung sangat kondusif.