Intensitas Hujan yang Tinggi Dinas PUPR Gencar Normalisasi Kali dan Drainase

Posted on

DepokNews- Tercatat wilayah di Depok yang menjadi langganan banjir antara lain Perumahan Bukit Cengkeh, Perumahan Taman Duta dan Jalan Margonda Raya. Curah hujan saat ini pun intensitasnya sangat tinggi, dan dapat mengakibatkan banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Manto menjelaskan, pihaknya sudah melakukan beberapa antisipasi guna mencegah banjir yang kerap terjadi jika intensitas hujan tinggi. Saat ini yang sempat terpantau beberapa hari ini di RW 13 Kecamatan Cinere.

“Untuk Kampung Utan Kelurahan  Cipayung, sudah agak berkurang. Kemudian Perumahan Permata Depok yang biasanya tergenang, tahun ini tidak tergenang lagi karena sudah dilakukan sodetan di Kampung Utan dan normalisasi drainase ke arah kali Ciliwung,” jelas Manto.

Meski demikian pihaknya tetap memantau titik rawan banjir di Depok. Salah satu contoh Pondok Duta masih rawan banjir.

“Antisipasi banjir kami siagakan tim satgas banjir 1×24 jam. Di posko banjir, satgas selalu siap,” ujarnya.

Salah satu penyebab banjir adalah banyaknya sampah yang sering ditemukan di kali-kali.

“Normalisasi kali secara rutin dilakukan yakni dengan mengangkat sampah-sampah yang terjaring dibeberapa titik. Mulai dari Kali cabang timur, cabang tengah dan cabang barat,” tuturnya.

Selain mengangkut sampah di kali, pihaknya juga melakukan pengangkatan sampah yang terjaring di inlet dan outlet setu-setu,  baik yang ada di Setu Rawan Bese besar, Setu Pengarengan dan Setu  Cilangkap. Genangan air kadang kala terjadi di Jalan Margonda Raya. Untuk mencegah itu pihaknya juga melakukan normalisasi drainase di Jalan Margonda yang sering tergenang seperti depan terminal, depan LIA, depan SPBU, dan depan rumah makan Mangkabayan.

“Normalisasi drainase juga dilakukan di Jalan Raya Sawangan, Limo. Jalan Kemakmuran,  Jalan Juanda, Jalan Tole Iskandar, serta Jalan Jatijajar, ” paparnya.

Tahun ini, ada beberapa pengerjaan yang dilakukan pihaknya untuk mengatasi genangan air. Salah satunya penataan dan normalisasi Kali Grogol Kelurahan Rangkapan Jaya Kecamatan Pancoran Mas dengan dana sekitar Rp 440 juta.

“Kemudian normalisasi Kali Krukut Kecamatan Pancoran Mas dengan anggaran Rp 850 juta,” ucapnya.

Terkait banjir yang masih terjadi di wilayah Pondok Duta, Taman Duta dan sekitar nya, pihaknya sudah menugaskan tugas banjir untuk normalisasi air yang ada di pal.

“Dengan harapan nantinya bisa memperlancar saluran air yang di Kali Laya yang melewati Pondok Duta dan juga Bukit Cengkeh,” pungkasnya.(mia)