Anggota MPR RI, Intan Fauzi saat sosialisasi 4 pilar di Krukut, Limo (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- Gelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Aula Masjid Nurul Falah, Jalan H. Suaib RT05/02 Kelurahan Lrukut, Kecamatan Limo, Anggota MPR RI Intan Fauzi dapat curhatan warga soal dampak pembangunan Tol Desari.

Intan mengatakan keluhan warga terkait banjir, akibat pembangunan infrastruktur Tol. Dirinya menerangkan hal tersebut harus dikaji terlebih dahulu. Karena, ketika berbicara mengenai banjir ada beberapa penyebab, seperti memang pembangunannya sendiri atau memang infrastruktur dari drainasenya yang saat ini menjadi masalah di berbagai daerah.

“Tentu harus kita kaji dulu, apakah infrastruktur drainase di lingkungan itu memadai, karena memang saat ini sedang proses pembangunan jalan Tol, tapi drainase lingkungannya bermasalah. Sehingga, begitu ada pembangunan membuat banjir,” tutur Intan, Kamis (21/2/2019).
Intan melanjutkan, dari Lurah Krukut sendiri sudah mengutarakan bahwa ada pertemuan dan ada respon dari investor, karena kewenangannya sudah dikontraktor, yakni dengan investor swasta dan masyarakat.

Namun, politisi PAN ini menuturkan, jika memang belum ada titik temu terkait permasalahan tersebut, maka dirinya yang juga berada di Komisi V DPR RI akan menjembatani dengan Kementerian PUPR dan badan pelaksana lalan Tol.

“Mungkin disitu peran saya, intinya saya akan memediasi,” katanya.

Intan menambahkan, untuk pembanguan tol itu tentunya ada analisis mengenali dampak lingkungan (Amdal) dan persyaratan lainnya harus diikuti, dan dari DPR sendiri tidak bisa langsung intervensi ke pihak swasta.

“Untuk itu, saya akan berbicara ke kementerian, tapi itu juga perlu kajian lebih dulu, karena jika berbicara banjir di lingkungan bisa memang karena dampak dari pembangunan jalan Tol atau memang drainasenya yang tidak siap,” pungkas Intan.(mia)