DepokNews–Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok hari ini menggelar Forum Rencana Kerja (Renja) Tahun 2020. Dalam musyawarah perencanaan pembangunan untuk tahun 2021 tersebut, Irda Depok berkomitmen meningkatkan kinerja dengan fokus terhadap empat program utama.

“Dalam implementasinya, program dan kegiatan Irda Depok, diarahkan untuk menyukseskan misi Kota Depok poin pertama, meningkatkan kualitas pelayanan publik yang profesional dan transparan,” kata Inspektur pada Irda Depok, Firmanuddin di Hotel Santika di Jalan Margonda pada Selasa(25/2).

Dikatakannya, program pertama terkait peningkatan sistem pengawasan.

Yaitu dengan pelaksanaan pengawasan perangkat internal secara berkala, tindak lanjut hasil pengawasan, dan evaluasi reformasi birokrasi.

Program kedua, lanjut Firmanuddin, mengenai peningkatan sistem pengawasan, dengan menyelenggarakan survei penilaian integritas serta pemeriksaan khusus dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

Selanjutnya, mengenai peningkatan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan.

Tahun 2021 juga, kualitas sumber daya aparatur pemeriksa juga terus ditingkatkan dengan diklat, Program Pendidikan Mandiri (PPM), dan seminar.

Termasuk, peningkatan sarana dan prasarana (Sarpras), kualitas perencanaan, dan pemenuhan piramida SDM.

Dikatakannya, keempat program tersebut diturunkan menjadi 21 bentuk kegiatan. Secara keseluruhan target kinerja hampir sama dengan tahun ini.

“Bedanya di tahun 2021, kita targetkan semua Perangkat Daerah membangun dan mengimplementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), menyusun dokumen risiko, laporan capaian kinerja, dan keuangan Inspektorat dari BB menjadi A,” katanya.