Inovasi Pustaka New Normal Jadi Andalan Tanah Baru di Lomba Kelurahan Tingkat Kota

DepokNews – Kelurahan Tanah Baru mewakili Kecamatan Beji mengikuti Lomba Kelurahan Tingkat Kota Depok. Pada lomba tersebut, inovasi pemenuhan hak anak di masa pandemi menjadi andalan Kelurahan Tanah Baru.

Lurah Tanah Baru, Zakkya Fauzan mengatakan, inovasi tersebut adalah pustaka new normal. Sebagai upaya pemenuhan hak anak dengan mendidik anak gemar membaca sedini mungkin.

“Pustaka new normal ini media untuk penyampaian informasi dan edukasi kepada anak, termasuk juga tentang Covid-19. Inovasi ini pula mendukung program Gemar Membaca yang digaungkan pemerintah,” katanya, Jumat (30/04/21).

Dikatakannya, puskata yang sudah berjalan sekitar lima tahun ini adalah gerakan meningkatkan literasi yang menyasar usia dini. Terutama warga yang bermukim di kampung, sehingga menjadikan membaca buku sebagai budaya di tengah berkembangnya teknologi saat ini.

Untuk itu, sambungnya, pustaka pada masa pandemi disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Kalau penanganan Covid-19 saya yakin semua kelurahan memiliki panduan dan pedoman yang sama. Kampung Siaga Covid-19, PPKM, PSKS, PSBB sudah diatur mekanisme dan tata kelolanya. Makanya kami lebih kepada inovasi lain, yang bukan hanya berhubungan dengan Covid-19. Namun berhubungan juga dengan hal lain yang terkena dampak Covid-19. Salah satunya, terbatasnya hak-hak anak di masa pandemi,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan, inovasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Terutama, pemenuhan hak anak dan dukungan program gemar baca oleh pemerintah.

“Saya sudah berupaya memberikan yang terbaik, jadi tinggal menunggu penilaian menuju tiga besar pada Mei mendatang,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id