Foto ilustrasi (istimewa)

DepokNews- Memasuki musim bertelur ular, warga dihebohkan dengan masuknya hewan reptil ini kedalam rumah. Karbol, kaporit, atau pemutih pakaian adalah bebauan yang tidak disukai ular.

Hal tersebut diungkapkan Pemerhati Reptil, Arby Krisna. Menurutnya bebauan seperti sereh, kapur, pengharum ruangan tidak mempan untuk ular.

“Secara pribadi sudah saya buktikan, tidak mempan. Rekomendasi kaporit dan karbol, tuang saja ke arah lubang atau saluran WC, selokan, ataupun tumpukan benda. Bisa saat menjelang malam, siram saja,” jelasnya.

Sebaiknya di musim hujan ini, hindari tidur dilantai, dan jika melihat ular perhatikan arah perginya agar dapat ditangkap bila tim rescue datang. Melangkah dan bergerak pelan-pelan jika bertemu ular, ular tidak akan mengejar. Hindari tumpukan benda karena ular suka bersarang disana. Ular tidak bisa berjalan ditembok yang halus, namun bisa ditembok yang kasar.

“Ular kobra tidak suka air, jika ada seperti itu dipastikan jenis yang lain,” tuturnya.

Arby mengatakan, pada dasarnya ular takut manusia. Mereka akan melintas diwaktu yang sepi, seperti siang atau malam saat tidak ada aktifitas. Ketika kondisi ramai mereka melintas ke jalur spitank, atau selokan.

“Sebenarnya mereka mau melintas saja, kebetulan bertemu manusia. Dasarnya ular dewasa takut manusia, beda dengan anak ular yang belum mengerti,” tandasnya.(mia)