Foto: buah semangka 

Inilah Manfaat Biji Semangka 

Posted on 99 views
DepokNews — Sebagai buah yang tumbuh di wilayah tropis, semangka merupakan alternatif terbaik untuk dikonsumsi saat musim panas. Daging semangka yang berair, renyah dan dingin alami memberikan sensasi segar pada konsumen yang mengonsumsi semangka.
Selain itu, semangka juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan sebagai penangkal radikal bebas. Namun, banyak konsumen yang sedikit terganggu dengan adanya biji semangka, bahkan sebagian konsumen memilih untuk mengonsumsi semangka tanpa biji. Tahukah kamu bahwa biji semangka juga mempunyai khasiatnya sendiri?
Biji semangka kaya akan mineral seperti magnesium, zat besi, folat, serta memiliki nutrisi lemak baik seperti asam lemak. Selain itu, biji semangka juga kaya akan protein dan mengandung asam amino esensial seperti asam glutamat, lisin, dan arginin. Biji semangka sering kali dikonsumsi sebagai cemilan atau lebih sering dikenal dengan kuaci.
Di beberapa negara, kuaci dengan sengaja dijadikan cemilan karena membutuhkan waktu lama dalam mengonsumsinya. Dengan begitu, jumlah kuaci yang dikonsumsi menjadi lebih sedikit sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh juga lebih sedikit dibandingkan dengan cemilan lain yang mudah dikonsumsi.
Selain itu, adanya kandungan serat yang baik untuk pencernaan membuat biji semangka sering kali menjadi pilihan cemilan bagi orang yang sedang menjalankan diet.
Jarang diketahui oleh orang-orang, biji semangka dapat difungsikan sebagai penangkal sel kanker dikarenakan biji semangka mengandung Likopen yang memiliki antioksidan yang kuat. Likopen pada biji semangka memiliki kemampuan untuk mencegah kanker, terutama kanker perut, kanker paru-paru, kanker kulit, dan kanker payudara.
Antioksidan pada likopen ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Kelebihan radikal bebas dapat menyerang dan merusak sel-sel tubuh termasuk pemicu terjadinya kanker. Selain sebagai pencegah kanker, likopen pada biji semangka juga berfungsi untuk memulihkan kesehatan lansia.
Selain itu, biji semangka juga dapat menguatkan daya ingat karena kaya akan magnesium. Penyajian sebanyak 4 gram biji semangka setara dengan 21 mg magnesium di dalamnya. Magnesium ini dibutuhkan untuk biokimia otak sehingga meningkatkan daya ingat. Fungsi lain magnesium adalah sebagai sistem imun tubuh, pengontrol tekanan darah serta baik untuk jantung dan tulang.
Nah, setelah mengetahui banyaknya khasiat biji semangka, apa kamu yakin masih ingin membuang biji semangka?