Inilah Makna Tahun Baru Islam Menurut Walikota Depok

Posted on 19 views

DepokNews — Tahun baru islam 1 muharam 1439 H dimaknai sebagai peristiwa hijrah yang sempat dicontohkan Rasulullah SAW. Keberanian, perjuangan, dan sifat rela berkorban turut menyertai dalam datangnya tahun baru ini. Tahun baru islam ini sendiri diawali pada saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Kota Mekkah ke Kota Madinah, Arab Saudi. Pada saat itu, Kota Mekkah memiliki kondisi yang tidak aman untuk syiar islam sehingga Allah SWT memerintahkan Muhammad SAW dan sahabatnya agar hijrah ke Madinah.

Melalui kisah itu, Walikota Depok, Mohammad Idris memaknai tahun baru islam sebagai wujud dari tentang pejuang Palestina yang membela kebenaran dan mempertahankan tanahnya dari golongan yang akan mengusir mereka.
“Ini pun dikaitkan dengan Rasulullah SAW yang sudah memberikan pernyataan tentang pejuang Palestina yang tiada henti menjaga kesucian Masjidil Aqsha,” ujarnya, Kamis (21/9/2017).
Sementara itu, bertolak pada Bangsa Indonesia yang mulai hijrah sejak proklamasi 1945. Dengan substansi hijrah yaitu perbaikan dari waktu ke waktu. Pergantian tahun hendaknya dapat membuahkan perubahan dalam perilaku seorang muslim.
Terkhususkan kepada anak muda, dirinya menyarankan agar generasi muda, khususnya generasi muda Depok dapat bertambah kecintaannya kepada tempat suci ketiga umat Muslim yaitu, Masjidil Aqsha.
“Kita harus meniatkan dan bersemanfat dalam membela umat muslim serta menambah kecintaan terhadap rumah Allah (Masjidil Aqsha). Semoga tahun ini bisa lebih baik pula dari tahun sebelumnya,” tutup Idris.