Inilah Ciri-Ciri Penyakit Kusta Yang Perlu Sobat Depok Ketahui

Posted on 16 views

Depoknews.id, Depok – Dalam rangka memperingati hari kusta sedunia atau  yang dikenal dengan Leprosy Day, ternyata jumlah penderita penyakit kusta di Depok masih berada di angka puluhan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Ernawati menyebutkan, di Kota Depok penderita kusta tersebar di beberapa tempat. Pihaknya mencatat, di Puskesmas Limo ada 16 orang penderita, Puskesmas Cipayung terdapat 14 orang, dan Puskesmas Bojongsari ada 10 orang. Dari jumlah yang tersebar di Puskesmas itu, 14 penderita kusta merupakan anak-anak.

Melihat itu sebagai media lokal di Kota Depok, Depoknews ingin menjabarkan kepada sobat Depok mengenai ciri-ciri dari penyakit kusta. Seperti yang dikutip dari Alodokter, inilah ciri penyakit kusta:

Dalam penderita kusta, pasti mempunyai ciri ciri penyakit kusta yang akan menyerang pada tubuh. Dan ciri cirinya adalah :

Wajah mengalami bentuk yang berubah

Kusta atau lepra pasti memiliki gejala atau ciri ciri. Yang ciri ciri penyakit kusta adalah pada bagian wajah mengalami perubahan bentuk. Yang lebih mengerikan atau menakutkan bila dilihat. Jadi bagian kalian yang mengalami hal seperti, lakukanlah dengan segera pengobatan yang ada dengan cepat, agar tidak semakin parah pada penyakit tersebut. jadi kalian juga harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan, serta lingkungan dengan baik dan benar agar tidak mengalami hal seperti ini. ada gejala lain yang harus kalian ketahui, selain ini. umumnya kusta ini, bisa terjadi karena adanya infeksi atau bakteri yang menyerang pada tubuh Anda.

Lumpuh tubuh

Lumpuh itu sama saja halnya dengan stroke, yang dimana dalam suatu tubuh tidak berfungsi lagi dalam menjalankan tugasnya. Dan ciri ciri penyakit kusta adalah akan mengalami kelumpuhan. Orang yang mengalami kelumpuhan itu, pasti orang tersebut tidak bisa bekerja dengan baik dalam menjalankan kegiatan, atau bahkan tidak bisa menjalankan kegiatan apapun. Dalam hal ini sungguh disayangkan untuk kita semua. Penyakit lepra atau kusta adalah penyakit yang menakutkan untuk dialaminya, karena salah satunya bisa mengalami wajah menjadi berubah. Jika tidak ingin mengalami kejadian ini, bisa bisa segera diatasi dengan cepat, yang caranya pun juga mudah sekali. Hanya dengan menggunakan bahan yang herbal, yang bahan ini sangat mudah sekali untuk ditemukan.

Terdapat luka pada kulit tubuh

Jika kalian menemukan luka yang terdapat pada tubuh, yang tanpa mengetahuinya penyebabnya, itu bisa dilakukan konsultasi dengan segara. Karena ciri ciri penyakit kusta adalah bisa mengalami kulit tubuh yang terdapat luka. Lukanya itu berbentuk bulat dan lama kelamaan akan melebar dan memiliki warna yang merah, seperti luka bakar. Yang berujungnya bisa membuat bekas luka yang menempel pada kulit. Perlu wajib kalian ketahui, kusta ini bisa menularkan pada siapa saja, jika tidak bisa menjaga kondisi dengan baik dan lingkungan pun juga harus selalu bisa dijaga. Yang salah satu penyebabnya adalah lingkungan yang kotor.

Pendarahan pada hidung

Pendarahan pada hidung atau mimisan adalah penyakit yang mempunyai akibat sangat banyak. Yang penyebabnya bisa disebabkan oleh adanya penyakit kanker darah dan kecapean. Dan jika terus menerus mengalami hal ini akan berakibatkan penyakit polip. Dan penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja baik anak anak ataupun dewasa. Serta ciri ciri penyakit kusta adalah mimisan atau mengeluarkan darah pada hidung. Jadi hiduplah dengan sehat, agar tidak mengalami penyakit ini, yang penyakit ini, bisa menularkan kepada orang lain.

Mata mengalami gangguan

Gangguan pada mata merupakan dari ciri ciri penyakit kusta atau lepra. Gangguan mata ini sangat banyak. Seperti penyakit mata, mata silinder, mata minus, mata katarak, rabun jauh, rabun dekat, dan buta warna. Bila tidak ingin mengalami hal seperti ini, wajib untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit lepra atau kusta. dan jika sudah mengalami gangguan terhadap mata, tidak bukan dan tidak lain lagi, bisa menyebabkan kebutaan.

Pembuluh darah mengalami pembesaran

Ciri ciri penyakit kusta adalah akan mengalami pembesaran atau pembengkakan pada pembuluh darah. Jadi bagi yang sudah mengalami hal seperti ini, pasti akan mengalami ciri yang sudah dituliskan diatas. Jadi berhati hatilah terhadap penyakit ini, karena bisa membahayakan, apabila dalam melakukan atau tindakan sangat telat untuk dilakukan.

Tersumbatnya pada bagian hidung

Jika bagian hidung mengalami penyumbatan, otomatis saluran pernafasan akan mengalami penyumbatan, yang bisa menyebabkan sesak nafas. Dan ciri ciri penyakit kusta adalah akan mengalami penyumbatan hidung. Dan ini akan dialami pada siapa saja, bagi yang sudah pernah mengalami penyakit lepra atau kusta.