Ini Persiapan Umat Konghucu Depok Sebelum Perayaan Imlek 

Posted on 543 views

DepokNews — Rohaniawan Konghucu Depok yang sekaligus Dewan Penasehat Majelis Tinggi Pusat Agama Konghucu (Matakin), Eka Wijaya (68) mengatakan tidak ada sesuatu yang besar yang dilakukan oleh umat konghucu dalam penyambutan imlek atau yang dikenal tahun baru kunceli 2569 yang jatuh pada tanggal 16 February 2018.

“Intinya tidak ada hak yang besar lah. Karena sebelum semua ini dilaksanakan kami sudah membahasnya setiap minggu pada acara kebaktian. Makanya untuk persiapan imlek Ini kami biasa aja,” ujarnya saat ditemui dirumahnya di Pancoran Mas, Depok. Rabu (14/2).

Meski demikian sambungnya sebelum satu minggu acara puncak tanggal 16 pihaknya sudah melakukan acara kebaktian yaitu dengan membagikan santunan kepada stratus orang yang tidak mampu.

“Jadi empat hari yang lalu kami sudah bagikan berupa santunan uang kepada masyarakat atau umat konghucu yang tidak mampu. Untuk sementara kami hanya mampu interen dulu tidak menutup kemungkinan nanti ada juga untuk diluar umat konghucu,” katanya.

Selain itu acara puncak imlek yaitu pada Kamis malam Jumat mulai pukul 11.00 hingga pukul 1.00 yang dinamkan persembahyangan sakral.

“Didalam penyambutan tahun baru imlek 2569 kunceli yang jatuh pada tanggal 16 February 2018. Memang tgl 16 itu adalah hari H yang sangat penting dan sakral bagi umat konghucu, Makanya kami laksanakan satu persembahyang besar didalam menyambut tahun baru,”

Setelah acara inti tersebut akan dilaksanakan acara anak – anak pada sore hari dan dilanjutkan dengan Silaturahmi kerumah kerabat dan keluarga. “Intinya saling memaafkan dan mengunjungi keluargalah supaya ada rasa cinta antara sesama,”