Ini Makanan yang Disarankan dan Dihindari Saat Berpuasa

Posted on

DepokNews- Menjalankan puasa harus tetap bertenaga, apalagi bagi mereka yang bekerja. Adapun makanan yang dianjurkan, yaitu kurma, gandum atau havermot, daging kambing dan susu.

Makanan ini perlu kita makan saat sahur, karena mampu melepaskan energi secara perlahan selama masa puasa. Pelepasab perlahan membuat kita tidak mudah lapar.

Selain itu buah dan sayur yang dianjurkan, antara lain bawang merah, mentimun, anggur, kacang dan berbagai biji-bijian seperti kacang hijau, kacang merah. Kandungan serat buah dan sayur bisa memenuhi kebutuhan kalori selama berpuasa. Disamping itu, bahan makanan ini juga dicerna lambat oleh tubuh.

Sedangkan sumber makanan yang perlu dihindari selama puasa adalah makanan yang diproses secara kompleks. Seperti makanan cepat saji yang mengandung gula tebu dan tepung. Serta makanan berlemak misalnya kue, biskuit, coklat dan permen. Sebaiknya dihindari juga minuman yang mengandung kafein, termasuk teh, kopi dan cola. Kafein bersifat diuretic, yang mempercepat keluarnya air lewat urin.(mia)