Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Depok Sri Utami (Istimewa)

DepokNews– Pemkot Surabaya bekerja sama dengan Universitas Arilangga (Unair) memberlakukan pemeriksaan gratis bagi warga yang ingin memeriksa virus Corona (Covid-19).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi PKS, Sri Utami mengapresiasi langkah tersebut mengingat Covid 19 sudah dinyatakan WHO sebagai pandemi global dengan tingkat penularannya yang tinggi dimana setiap orang konon bisa menularkan 4-5 orang.

“Hal ini jika tidak diantisipasi maka dikhawatirkan akan banyak korban yg jatuh karena Rumah Sakit tidak mampu menampung yang sakit. Ini sangat berbahaya,”ujarnya saat dikonfirmasi. Selasa (17/3/2020).

Sementara itu terkait pemeriksaan gratis seperti di Pemkot Surabaya, Sri mengatakan belum ada alokasi anggaran di APBD 2020, dan jika digratiskan perlu penetapan mekanisme KLB.

” Tapi jikapun tidak gratis Pemda Depok bisa mengkonfirmasi Rumah Sakit mana saja yang bisa melakukan test tersebut dan meminta kerjasama agar biayanya bisa ditekan,”ujarnya.

Menurut Sri dengan adanya pemeriksaan gratis kepada masyarakat, sangat membantu Pemda Depok untuk mengambil kebijakan mengantisipasi penyebaran Covid 19.

“Oleh karenanya tindakan yang cepat harus dilakukan. Dan saya mengepresiasi langkah walikota Depok yang telah mengeluarkan Surat Edaran dan Instruksi terkait pencegahan penyebaran Covid 19,”ujarnya

Lanjut Sri implementasinya SE tersebut tentu perlu dikawal dengan baik karena masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya memahami.

” Misal anak-anak yang dialihkan belajar di rumah ternyata malah bermain-main bersama teman sekitar atau malah pergi tamasya ke objek wisata, artinya upaya “lockdown” ini masih belum sepenuhnya berjalan efektif,”ujarnya.

Sri menambahkan untuk melengkapi SE dan inwal tersebut akan sangat baik jika dilakukan pemeriksaan gratis atau bagi warga yang tidak mampu yang merasakan gejala mendekati corona.

“Ini agar bisa diidentifikasi lebih cepat sehingga penangannya juga bisa lebih segera”tuturnya.