Ini Khasiat Daun Sirih Untuk Kewanitaan

DepokNews — Daun sirih dikenal secara turun temurun sebagai “sahabat daerah kewanitaan”. Secara tradisional, air rebusan daun tanaman rambat ini dipakai untuk membersihkan organ intim wanita. Pembersih kewanitaan yang dikemas modern pun banyak yang memasukkan ekstrak sirih dalam produknya. Sebenarnya, apa khasiat utama tanaman sirih sehingga begitu identik dengan perawatan vagina?Menurut Dr.Irmanida Batubara dari tim Pusat Studi Biofarmaka Tropika Institut Pertanian Bogor, daun sirih memiliki profil baktariosit, yaitu menghambat pertumbuhan bakteri. Hasil penelitian menunjukkan, daun sirih memiliki sifat MIC (minimum inhibitory concentration) atau konsentrasi hambat minimum.

“Harus dibedakan dengan bakterisidal. Bakterisidal adalah kemampuan membunuh bakteri. Dan cairan antiseptic bakterisidal ini tidak disarankan untuk vagina karena dapat memusnahkan semua bakteri, termasuk bakteri baik,” katanya.

Di area vagina secara normal juga tumbuh bakteri baik. “Jadi yang harus dijaga adalah mengendalikan jumlah bakteri yang merugikan,” ujar Irma.

Maka dari itu, pentingnya Menjaga dan Merawat Daerah Kewanitaan, lanjutnya.

Kandungan bioaktif daun sirih yang memiliki sifat antibakteri adalah minyak atsiri. Selain antibakteri, daun sirih juga bersifat antijamur.

Salah satu penyebab keputihan pada wanita adalah kebersihan area kewanitaan yang tidak terjaga dengan baik.

“Pemicu awalnya adalah kondisi organ intim yang lembab, sehingga menjadi media yang baik untuk jamur dapat tumbuh,” kata dr.Rino Bonti Tri H. Shanti, SpOG.

Ia menambahkan, membersihkan area intim sebaiknya tidak menggunakan sabun karena bersifat basa. Lebih baik dengan air biasa atau menggunakan cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai,” kata Bonti.