Ini Dia Penyebab Harga BBM Naik Di Awal Tahun

Posted on 5 views

Depoknews.id, Depok– PT Pertamina telah menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax, Pertalite, dan Dexlite sebesar Rp 300 per liter. Penyesuaian harga BBM tersebut dilakukan seiring dengan kondisi harga minyak mentah dunia yang mengalami kenaikan harga.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan penetapan harga BBM umum tersebut merupakan kebijakan dari Pertamina. Perubahan harga terhitung sejak 5 Januari 2017 pukul 00.00.

“Penyesuaian dilakukan sebesar Rp 300 per liter untuk seluruh jenis BBM umum di semua daerah,” kata Wianda melalui siaran pers, Kamis (05/12).

Wianda pun mencontohkan untuk harga Pertamax di DKI Jakarta dan semua provinsi di Jawa Bali ditetapkan sebesar Rp. 8050 per liter dari semula Rp 7750 per liter. Untuk pertalite sebelumnya Rp. 7050 per liter menjadi Rp 7350 per liter.

Sementara itu, untuk Pertamina Dex dilepas di harga Rp 8400 per liter untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat serta Rp 8500 per liter untuk DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sedangkan untuk di Dexlite ditetapkan harga Rp 7200 per liter untuk wilayah Jawa-Bali-Nusa Tenggara.

Pihak Pertamina juga mengatakan, Mereka akan terus berupaya untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat yang telah menjadi konsumen loyal produk-produk perusahaan.

Padahal menjelang akhir tahun melalui Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto menegaskan bahwa di awal tahun 2017 selama tiga bulan pertama harga BBM akan stabil. Mengingat daya beli masyarakat yang masih turun.

Dwi menyatakan bahwa pemerintah sangat mengerti kondisi masyarakat Indonesia yangs edang mengalami penurunan daya beli sehingga berupaya untuk menaikan harga BBM. Tetapi mulai hari ini Pemerintah sudah menaikan harga BBM jenis umum.